Dosen Teknik Sipil Meraih Profesi Insinyur

Januari 10, 2020 oleh : adminweb

Pelantikan PPI Angkatan ke-2 2019/2020

 

Pelantikan Insinur Angkatan ke-2

Pelantikan Insinur Angkatan ke-2 PPI UMY

Delapan orang dosen Teknik Sipil meraih Profesi Insinyur yang telah diambil sumpah profesi dan pelantikan pada hari Senin 6 Januari 2020. Sesuai dengan UU No. 11 Tahun 2014 tentang Keinsyuran, kedelapan dosen tersebut mengikuti Program Profesi Insinyur di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melalui jalkur pengakuan pengalaman lampau atau dikenal dengan rekogkinisi pengalaman lampau (RPL) . Program Profesi Insinyur adalah program pendidikan tinggi setelah program sarjanauntuk membentuk kompetensi Keinsinyuran. Keinsinyuran sendiri adalah kegiatan teknik dengan menggunakan kepakaran dan keahlian berdasarkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah dan daya guna secara berkelanjutan dengan memperhatikan keselamatan, kesehatan, kemaslahatan, serta kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Dengan demikian apabila seeorang yang terlibat dalam kegiatan ini maka diwajibkan memiliki gelar profesi Insinyur. Gelar profesi Insinyur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat (1) disingkat dengan ”Ir.” dan dicantumkan di depan nama yang berhak menyandangnya.

Kedelapan dosen Teknik Sipil tesebut adalah Prof. Ir. Agus Setyo Muntohar, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D.(Eng.)Ir. Bagus Soebandono, S.T., M.Eng.; Ir. Edi Hartono, S.T., M.T.; Ir. Jazaul Ikhsan, S.T., M.T., Ph.D., IPM.; Ir. Nursetiawan, S.T., M.T., Ph.D.; Dr. Ir. Noor Mahmudah, S.T., M.Eng., IPM.; Ir. Surya Budi Lesmana, S.T., M.T.; dan Ir., Wahyu Widodo, M.T. Kedelapan dosen tersebut adalah angkatan ke-2 dari Program Profesi Insinyur yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam pelantikan angkatan ke-2 ini, Ir. Jazaul Ikhsan, S.T., M.T., Ph.D., IPM. sebagai lulusan terbaik melalui program RPL.

Hingga kini, Jurusan Teknik Sipil telah memiliki 12 orang dosen dengan gelar profesi Insinyur, setelah sebelumnya pada angkatan  ke-1 yaitu Ir. As’at Pujianto, M.T., IPM.;  Ir. Mandiyo Priyo, M.T., IPM.; Ir. Sri Atmaja Putra, S.T., M.Sc., Ph.D., IPM.; dan Ir. Yoga Aprianto Harsoyo, S.T., M.Eng., IPM.

Selamat kepada para Insinyur , semoga memberikan kebaikan bagi ummat dan negara. Selamat berkarya.