Dalam rangka pengembaangan sumberdaya manusia, Himpunan mahasiswa Jurusan Tehnik Sipil Universitas Muhamdiyah Yogyakarta akan melakukan kegiatan kuliah kerja lapangan Internasional (KKL) ke dua Negara yaitu Singapura dan Malaysia sebagai upaya meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pengembangan skill dan knowledge dengan kegiatan mengunjungi beberapa lokasi yang berkaitan dengan Teknik Sipil. Adapun kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari senin 11 April sampai dengan 15 April 2016, sesuai dengan tema, “Introuducing Learning and Experiencing International Civil Enggineering”  maka mahasiswa diharapakan dari pelaksanaan kegiatan ini nantinya dapat diperkenalkan dengan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan beberapa unsur-unsur penting yang ada dalam dunia teknik sipil.

Kegiatan ini akan diikuti sebanyak 30 peserta yang terdiri dari 28 mahasiswa serta 2 orang dosen pembimbing. Kunjungan pertama akan  dilakukan ke Singapura, dan industri yang kita pilih adalah  Samwoh Coorpooration yang bergerak dibidang pengolahan limbah hasil konstruksi untuk dijadikan kembali material konstrksi baru. Di malaysia keesokan harinya kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan  ke dua kampus besar di Kuala Lumpur dan Selangor yaitu University of Melaya dan University Kebangsaan Malaysia. Lokasi kunjungan industri akan dilanjutkan ke beberapa perusahaan seperti Smart Tunnel, MRT coorporation, dan Material Recovery Facility (MRF).

Dengan Kuliah Kerja Lapangan Internasional ini diharapkan perserta akan bisa langsung melihat dan mempelajari semua kegiatan yang menyangkut dengan pembelajaran di Teknik Sipil. Dan dengan hal ini pula diharapkan mahasiswa dapat membuka minda bahwa teknologi yang sudah berkembang dengan pesat bisa dikembangkan  dengan inovatif di Indonesia suatu hari nanti.