Daftar Matakuliah

Statika

Kode Mata Kuliah/SKS : TSD 2402 /4
Semester : 2
Dosen Koordinator Ir. As’at Pujianto, M.T., Fanny Monika, S.T., M.Eng., Ir. Fadillawaty S, M.T., Dr. Seplika Yadi, S.T., M.T., Dr. Guntur Nugroho, S.T., M.Eng., Ahmad Zaki, S.T., M.Sc., Ph.D.
Pustaka :
Informasi mata kuliah
Deskripsi Singkat : Mata kuliah Statika (4 SKS) merupakan mata kuliah dasar pada teknik sipil yang mana mahasiswa harus mampu membuat keseimbangan gaya-gaya yang bekerja pada suatu titik.  Keseimbangkan gaya yang bekerja pada suatu struktur dapat dilakukan dengan menggunakan hokum Newton 1. Mata kuliah ini berkaitan dengan mata kuliah lain seperti matematika, fisika dan pemrograman komputer. Mata kuliah ini merupakan dasar bagi matakuliah lain seperti Mekanika Bahan, Analisis Struktur, Perancangan Struktur, Metode Elemen Hingga, dll. Bahan kajian dalam mata kuliah ini meliputi struktur statis tertentu, termasuk perhitungan dan penggambaran gaya dalam.
Mata Kuliah Prasyarat : Fisika Teknik, Bahasa Pemrograman
Wajib/Pilihan : Wajib
Praktik Studio : Tidak ada
Praktikum : Ada
Tujuan spesifik mata kuliah
Tujuan : Mampu membuat keseimbangan gaya-gaya yang bekerja pada suatu titik
Capaian Pembelajaran :
  • Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks (complex engineering problem) (ELO 1)
  • Mampu memilih sumberdaya dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi (ELO 3)
  • Mampu berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan berbagai sarana secara tepat (ELO 7)
Topik yang dibahas :
  1. Struktur statis tertentu
  2. Menghitung gaya dalam
  3. Praktikum