Daftar Matakuliah

Bahasa Pemrograman

Kode Mata Kuliah/SKS : TSD 1302 /2
Semester : 1
Dosen Koordinator Ahmad Zaki, S.T., M.Sc., Ph.D., Puji Harsanto, S.T., M.T., Ph.D., Dr. Seplika Yadi, S.T., M.T.
Pustaka :
Informasi mata kuliah
Deskripsi Singkat : Bahasa Pemrograman adalah mata kuliah untuk mempelajari dasar-dasar pemrograman. pada bidang teknik khususnya teknik sipil. Penguasaan komputer pada mata kuliah ini menjadi sangat penting, oleh karenanya mahasiswa disiapkan untuk mampu mengoperasikan maupun memahami bahasa komputer. Mata kuliah ini mempelajari tentang pokok-pokok dalam membuat dan menjalankan sebuah program pada komputer. Untuk optimalasasi metode pembelajaran pada mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa bisa lebih banyak berinteraksi dengan komputer. Oleh karena itu, dengan adanya sistem pembelajaran e-learning diharapkan bisa lebih mudah mempelajari mata kuliah ini dengan mandiri. Dengan sistem pembelajaran ini, dosen akan lebih mudah untuk memberi evaluasi dengan mengkombinasikan menjawab soal/ kuis, presentasi, tugas essay, dan diskusi pada forum offline/ online. Mata kuliah ini penting untuk mendukung mata kulia yang lain baik untuk perhitungan struktur bangunan, pemodelan transportasi, pemodelan hidrolika, dan yang lain.
Mata Kuliah Prasyarat : Tidak ada
Wajib/Pilihan : Wajib
Praktik Studio : Tidak ada
Praktikum : Ada
Tujuan spesifik mata kuliah
Tujuan : Untuk mempelajari dasar-dasar pemrograman. pada bidang teknik khususnya teknik sipil
Capaian Pembelajaran :
  • Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks (ELO 1)
  • Mampu memilih sumberdaya dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi (ELO 3)
  • Mampu menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini. (ELO 6)
Topik yang dibahas :
  1. Pengenalan Bahasa Pemrograman
  2. Faktor-faktor Penting Dalam Pemrograman
  3. Kriteria dalam Bahasa Pemrograman
  4. Membuat Diagram Alir
  5. Jenis data, variabel, dan operator pada pemrograman