Teknik SIpil

Profil Program Studi Teknik Sipil

Sejarah

Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berdiri pada 26 Maret 1981 berdasarkan rekomendasi dari Pengurus Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta No A-1/01/PW/1981. Kegiatan akademis dimulai pada bulan yang sama, dan program ini memperoleh status TERDAFTAR melalui Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.0417/O/1985 pada 1 Oktober 1985, kemudian diperbarui dengan SK No.183/DIKTI/Kep/1993. Program Studi Teknik Sipil kemudian meraih status DISAMAKAN berdasarkan SK dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI No.523/DIKTI/Kep/1996.

Pada 22 Desember 1998, Program Studi Teknik Sipil UMY mendapatkan akreditasi Peringkat B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan SK No. 01785/Ak-V/UMY/ds/XII/1998. Peringkat B ini berhasil dipertahankan hingga proses akreditasi tahun 2014 dengan beberapa SK: No. 022/BAN-PT/AkVII/51/VI/2004, SK BAN-PT No. 015/BAN-PT/AK-XII/S1/VI/2009, dan SK BAN PT No. 451/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014. Pada tahun 2017, Prodi Teknik Sipil FT UMY meraih akreditasi A berdasarkan SK BAN PT No. 4591/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017. Melalui skema Instrumen Suplemen Konversi (ISK) BAN-PT, program ini memperoleh status UNGGUL pada tahun 2021, serta sertifikasi AUN-QA dengan nomor sertifikat AP636UMYMAY21. Pada tahun 2022, Prodi Teknik Sipil mendapatkan status akreditasi UNGGUL dari LAM Teknik berdasarkan SK No. 0097/SK/LAM Teknik/AS/VIII/2022, yang berlaku hingga 27 Agustus 2027.

Prodi Teknik Sipil UMY pertama kali menerima mahasiswa pada tahun 1981 dan meluluskan Sarjana Teknik Sipil pertama pada tahun 1985. Pada Tahun Ajaran 2022/2023, jumlah mahasiswa aktif mencapai 1023. Dalam sepuluh tahun terakhir, telah terjadi beberapa restrukturisasi kurikulum. Pada tahun 2013, program ini mengadopsi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), kemudian pada tahun 2016 beralih ke Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT). Pada tahun 2019, kurikulum diubah menjadi berbasis Outcomes Based Education (OBE), dan pada tahun 2022, kurikulum OBE diselaraskan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

VISI Program Studi

Menjadi program studi yang unggul dan Islami dalam bidang konstruksi, serta mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

MISI Program Studi

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi dibidang konstruksi yang berstandar internasional dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Menyelenggarakan penelitian di bidang konstruksi yang terintegrasi dengan industri baik nasional atau internasional.
  • Menyelenggarakan pengabdian dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi bidang Konstruksi dan terintegrasi dengan penelitian.
  • Mengintegrasikan dan menginternalisasikan nilai nilai islam dan kemuhamadiyahan dalam melaksanakan dharma perguruan tinggi.

Tujuan

  • Terlaksananya pendidikan teknik sipil yang menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan menerapkan ilmu dasar dan matematika, merancang bangunan teknik sipil, menganalisis permasalahan, memiliki integritas dan profesionalitas, berfikir kritis, bekerja dalam tim, berkomunikasi secara efektif dan mengembangkan diri sesuai dengan nilai-nilai ke islaman dan kemuhammadiyahan, serta memenuhi kebutuhan dunia kerja atau menciptakan lapangan kerja.
  • Terlaksananya penelitian yang mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan bermanfaat untuk masyarakat luas.
  • Terlaksananya program pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan dengan memanfaatkan hasil-hasil penelitian.
  • Dilaksanakannya nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan dalam menjalankan dharma perguruan tinggi.

Akreditasi

Tentang Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta saat ini mengelola Program Studi Sarjana Teknik Sipil (S-1 Teknik Sipil) dan  senantiasa mengedepankan mutu pendidikan Sarjana Teknik Sipil dengan memperluas wawasan dan lingkup bidang ketekniksipilan sehingga aspek pengembangan cakrawal keilmuan teknik sipil dilengkapi dengan aspek manajemen pengelolaan proyek, kewirausahaan, teknologi informasi, asas sosial kemasyarakatan dan aspek mandiri serta kompetensi dunia kerja konstruksi.
Selain sektor pendidikan, Program Studi Sarjana Teknik Sipil FT UMY memiliki komitmen kuat dalam keikutsertaannya dalam membangun masyarakat, bangsa dan negara. Berbagai program pengabdian masyarakat dan magang telah dilaksanakan dengan kerjasama institusi pemerintah, swasta dan lembaga masyarakat.

Tujuan Pedidikan

Untuk mencapai profil profesional tersebut, ditetapkan tujuan program pendidikan (Program Educational Objectives [PEO]) yang  konsisten dengan visi dan misi Universitas, Fakultas dan Program Studi Teknik Sipil. Rumusan tujuan program pendidikan menyatakan bahwa lulusan program studi sarjana (S1) Teknik Sipil FT UMY diharapkan mampu,

  • PEO-1.  Menerapkan pengetahuan sains dasar, matematika, ilmu rekayasa dan manajemen konstruksi untuk melakukan pekerjaan sebagai perencana, perancang, konstruktor, operator atau pengambil kebijakan infrastruktur teknik sipil.
  • PEO-2.  Menilai alternatif-alternatif solusi teknis dan berkontribusi pada penyelesaian masalah dalam pekerjaan profesional dan masyarakat umum dengan mempertimbangkan aspek keselamatan publik, social ekonomis, nilai-nilai etis, sustainabilitas dan perlindungan lingkungan hidup.
  • PEO-3.  Menunjukkan integritas professional berdasarkan nilai-nilai Islam dalam belajar sepanjang hayat untuk meraih keberhasilan dalam bekerja di tingkat nasional dan internasional.
    Keterkaitan Tujuan Program Pendidikan dengan Visi dan Misi seperti ditampilkan pada gambar berikut

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Dengan Langkah perumusan CPL maka dirumuskan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Teknik sipil FT UMY sebagai berikut:

  • CPL1: Mampu menerapkan ilmu matematika, sains, dan ilmu-ilmu dasar untuk membangun pemahaman ilmu ketekniksipilan.
  • CPL2: Mampu merencanakan dan mendesain konstruksi yang berwawasan lingkungan, dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan yang berkelanjutan.
  • CPL3: Mampu memilih sumberdaya dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi.
  • CPL4: Mampu mengidentifikasi dan mengelola pekerjaan konstruksi secara profesional dan berintegritas dengan berdasarkan pada etika dan peraturan Teknik.
  • CPL5: Mampu menganalisis permasalahan pelaksanaan konstruksi berdasarkan kaidah-kaidah dasar Rekayasa Sipil.
  • CPL6: Mampu berkerjasama dalam tim pekerjaan konstruksi, menerapkan dasardasar socio- engineering serta menyesuaikan diri terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi pada berbagai bidang.
  • CPL7: Mampu berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif menggunakan berbagai sarana secara tepat.
  • CPL8: Mampu menemukan sumber masalah rekayasa melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa.
  • CPL9: Mampu menerapkan pembelajaran sepanjang hayat berdasarkan kaidah dalam agama Islam dan sesuai dengan faham Muhammadiyah.

Profil Lulusan

Prodi Teknik Sipil FT UMY yang telah ditetapkan adalah:

  • PPM-1. Menerapkan pengetahuan sains dasar, matematika, ilmu rekayasa dan manajemen konstruksi untuk melakukan pekerjaan sebagai perencana, perancang, konstruktor, operator atau pengambil kebijakan infrastruktur bangunan teknik sipil.
  • PPM-2. Menilai alternatif-alternatif solusi teknis dan berkontribusi pada penyelesaian masalah dalam pekerjaan profesional dan masyarakat umum dengan mempertimbangkan aspek keselamatan publik, social ekonomis, nilai-nilai etis, sustainabilitas dan perlindungan lingkungan hidup.
  • PPM-3. Menunjukkan integritas profesional berdasarkan nilai-nilai Islam dalam belajar sepanjang hayat untuk meraih keberhasilan dalam bekerja di tingkat nasional dan internasional

7 Dasar Budaya Organisasi

  1. Integrity (Berprinsip, Amanah, Adil dan Jujur)
  2. Sustainability (Fleksibel, Terbuka, Tangguh, Istiqomah, dan Holistik)
  3. Leading (Unggul, Teladan, Inisiatif, dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar)
  4. Accountability (Tanggung Jawab, Fokus, Berkinerja dan Transparan)
  5. Modern (Dinamis, Visioner, Mutakhir, Adaptif danKemanfaatan)
  6. Innovation (Analistis, Kritis, Kreative, Solutif dan Kebaruan)
  7. Commitment (Rasa Memiliki, Kelekatan Emosi, Patuh, Perhatian dan Kolaborasi)

Filosofi Pendidikan

  • Equip students to contribute to and reinforce the values of humanity, cultural diversity and global civilization based on Islamic values
  • Support students to develop Muhammadiyah spirit and contribute to the welfare and wellbeing of the people
  • Facilitate students to explore and use their potentials professionally in order that they become insightful and highly competent in science and technology and remain faithful to Allah SWT, devoted and noble in character