Profil

Selamat Datang di laman web

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Teknik Sipil adalah disiplin teknik yang profesional berkaitan dengan desain, konstruksi, dan pemeliharaan lingkungan terbangun (built environment) dan alami, termasuk didalamnya pekerjaan seperti jalan, jembatan, kanal, bendungan, terowongan, dan bangunan gedung. Teknik sipil secara tradisional dipecah menjadi sejumlah sub-disiplin seperti geoteknik, struktur, transportasi, keairan, tekonologi bahan, manajemen kontruksi, dsb. Ini adalah disiplin teknik tertua kedua setelah teknik kemiliteran. Teknik sipil menangani seluruh sektor baik di sektor publik dan infrastruktur dari desa sampai kota, dari daerah hingga nasional, dan di sektor swasta dari rumah pribadi ke perusahaan multinasional. Para sarjana teknik sipil dan insinyur sipil telah nyata membangun suatu bangsa dan negara. Namun, peran sertanya lebih sering tidak dikenal dan dikenang, karena khalayak ramai lebih melihat arsitektur bangunannya. Disinilah, para sarjana teknik sipil dan insinyur sipil sering disebut sebagai “Pahlawan Pembangunan Tanpa Tanda Jasa” —- “The Unsung Hero in Modern Development“.

Selamat Berkarya, para “Pahlawan-Pahlawan Pembangunan”. Muhammadiyah membutuhkan kalian, Indonesia menanti kalian, dunia menanti kalian. Mari bersama Program Studi Teknik Sipil UMY membangun bangsa dan negara Indonesia yang berkemajuan.

Puji Harsanto, S.T., M.T., Ph.D.

Ketua Program Studi 2019-2021

 

Program Studi (Prodi) Teknik Sipil UMY merupakan salah satu program studi yang pertama kali diselenggarakan ketika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta didirikan pada tahun 1981. Penyelenggaraan program studi ini dimulai pada bulan Maret 1981, dan memperoleh status TERDAFTAR dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.0417/O/1985 (1 Oktober 1985) dan dengan SK dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI No.183/DIKTI/Kep/1993. Selanjutnya mendapatkan status DISAMAKAN dengan SK dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI No.523/DIKTI/Kep/1996. Akreditasi Peringkat B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) diperoleh dengan SK No. 01785/Ak-V/UMY/ds/XII/1998 (22 Desember 1998). Peringkat akreditasi B ini selanjutnya dipertahankan sampai proses akreditasi pada tahun 2014 berdasarkan SK Nomor 022/BAN-PT/Ak-VII/51/VI/2004, SK BAN-PT no. No. 015/BAN-PT/AK-XII/S1/VI/2009 dan SK BAN PT No. 451/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014. Alhamdulillah pada tahun 2017 Program Studi Teknik Sipil meraih peringkat akreditasi A sesuai  SK BAN PT No.4591/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017.
Download Sertifikat  & SK BAN-PT

Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta saat ini mengelola Program Studi Sarjana Teknik Sipil (S-1 Teknik Sipil) dan  senantiasa mengedepankan mutu pendidikan Sarjana Teknik Sipil dengan memperluas wawasan dan lingkup bidang ketekniksipilan sehingga aspek pengembangan cakrawal keilmuan teknik sipil dilengkapi dengan aspek manajemen pengelolaan proyek, kewirausahaan, teknologi informasi, asas sosial kemasyarakatan dan aspek mandiri serta kompetensi dunia kerja konstruksi.
Selain sektor pendidikan, Program Studi Sarjana Teknik Sipil FT UMY memiliki komitmen kuat dalam keikutsertaannya dalam membangun masyarakat, bangsa dan negara. Berbagai program pengabdian masyarakat dan magang telah dilaksanakan dengan kerjasama institusi pemerintah, swasta dan lembaga masyarakat.

PROSPEKTUS Teknik Sipil bisa didownload disini 

LEAFLET Teknik Sipil bisa didownload disini

Tujuan Program Pendidikan
Untuk mencapai profil profesional tersebut, ditetapkan tujuan program pendidikan (Program Educational Objectives [PEO]) yang  konsisten dengan visi dan misi Universitas, Fakultas dan Program Studi Teknik Sipil. Rumusan tujuan program pendidikan menyatakan bahwa lulusan program studi sarjana (S1) Teknik Sipil FT UMY diharapkan mampu,
PEO-1.  Menerapkan pengetahuan sains dasar, matematika, ilmu rekayasa dan manajemen konstruksi untuk melakukan pekerjaan sebagai perencana, perancang, konstruktor, operator atau pengambil kebijakan infrastruktur teknik sipil.
PEO-2.  Menilai alternatif-alternatif solusi teknis dan berkontribusi pada penyelesaian masalah dalam pekerjaan profesional dan masyarakat umum dengan mempertimbangkan aspek keselamatan publik, social ekonomis, nilai-nilai etis, sustainabilitas dan perlindungan lingkungan hidup.
PEO-3.  Menunjukkan integritas professional berdasarkan nilai-nilai Islam dalam belajar sepanjang hayat untuk meraih keberhasilan dalam bekerja di tingkat nasional dan internasional.
Keterkaitan Tujuan Program Pendidikan dengan Visi dan Misi seperti ditampilkan pada Tabel berikut.

9 Nilai Budaya Dasar Organisasi UMY

  1. Amanah dan Tanggung Jawab,
  2. Kebersamaan,
  3. Kejujuran,
  4. Kedisiplinan,
  5. Keadilan,
  6. Tulus – Ikhlas,
  7. Mawas Diri,
  8. Kepedulian,
  9. Profesional.

 

Visi

 

Menjadi program studi yang unggul dalam bidang konstruksi, diakui di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2021, serta dilandasi nilai-nilai Islam

 

Misi

 

  1. Melaksanakan dan mengembangkan bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang teknologi konstruksi yang berlandaskan nilai-nilai Islam.

  2. Mengembangkan kerjasama Program Studi Teknik Sipil dengan institusi nasional dan internasional.

 
 

Visi dan Misi