Universiti Malaya Menjadi Target Prodi Teknik Sipil untuk Banchmarking

February 28, 2024, oleh: superadmin

Pada tanggal 26 Januari 2024 prodi teknik sipil melakukan kunjungan ke Faculty of Engineering (fakultas kejuruteraan) Universiti Malaya. Dalam pelaksanaannya Prodi Teknik Sipil bersama Fakultas Teknik disambut dengan baik oleh Dekan fakultas, wakil dekan, dan staff dosen dari Program Studi Teknik Sipil, Teknik Elektro, Dan Teknik Mesin. Diskusi benchmarking ini dipimpin oleh dekan Fakultas Teknik Universiti Malaya yaitu Assoc. Prof. Ir. Dr. Nik Nazri Nik Ghazali.

Dalam diskusi ini Fakultas Teknik Universiti Malaya memaparkan bagaimana mekanisme pembelajaran, kurikulum, dan penelitian yang selama ini mereka terapkan. Dari paparan tersebut Fakultas Teknik UMY beserta Prodi Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin memiliki informasi sebagai bahan acuan untuk evaluasi kedepannya. Untuk menjalankan dan memantapkan kegiatan kurikulum, Fakultas Teknik Universiti Malaya dan Fakultas Teknik UMY berencana untuk mewujudkan student mobility, dengan memulai langkah awal berupa pertukaran semester singkat untuk meningkatkan kerjasama antar kedua institusi. Selain itu Fakultas Teknik UMY mengajak Fakultas Teknik UM untuk berpartisipasi dengan mengirimkan paper dalam seminar internasional yang dilaksanakan oleh UMYGrace.

Setelah diskusi, Fakultas Teknik UMY melakukan kunjungan ke Laboratorium Fakultas Teknik Universiti Malaya. Dalam kunjungan tersebut Fakultas Teknik UMY mendapatkan wawasan langsung mengenai manajemen administrasi dan penataan laboratorium Universiti Malay yang sudah terakreditasi QS 100. Pengalaman ini sangat berharga untuk persiapan akreditasi IABEE dan LAMTEK oleh prodi Teknik Sipil dan Teknik Mesin di bawah Fakultas Teknik UMY, mencakup standar tata letak, keamanan, dan administrasi digital.