PENINGKATAN PELAYANAN AIR BERSIH BERBASIS MASYARAKAT DI DESA KALI OPAK, SAMIGALUH, KULON PROGO

December 24, 2022, oleh: superadmin

Kelompok Air Bersih Tirto Lestari yang terletak di Dusun Kaliapak, Banjarsari, Samigaluh, Kulon Progo merupakan salah satu kelompok pengelola air yang masih aktif melayani pemenuhan kebutuhan air melalui jaringan air minum sederhana. Terdapat 2 sumber air yang digunakan untuk melayani 77 KK, yaitu Sumber air 1 (Ketawang) terletak di elevasi +628 m asl., sedangkan sumber air 2 (Depok) terletak di elevasi +638 m asl. Reservoir 1 digunakan untuk menampung air dari sumber air Ketawang. Reservoir 1 terletak di +686 m, terdiri dari 4 unit tangki dengan kapasitas masing-masing 5200L. Reservoir 2 digunakan untuk menampung air dari sumber air Depok. Reservoir 2 terletak di +708 m, terdiri dari 3 unit tangki dengan kapasitas masing-masing 5300L. Sistem pengambilan air dari sumber ke reservoir elah menggunakan sistem otomatis dan berfungsi dengan baik. Meskipun demikian masih ada permasalahan, yaitu kurang debit air untuk layanan. Berdasarkan diskusi dan musyawarah dengan Kelompok Air Bersih Tirto Lestari, maka diputuskan untuk mengembangan sumber air baru yang dirasa berpotensi sebagai sumber air baru.

Pada tanggal 20 Maret 2022, telah dilakukan diskusi dan musyawarah dengan pengurus Kelompok Air Bersih Tirto Lestari untuk mengembangkan sumber air. Setelah musyawarah dilanjutkan dengan survei mata air yang diproyeksi jadi sumber air baru. Untuk melakukan kegiatan penyiapan, maka dilakukan musyawarah oleh warga Kelompok Tirto Lestari pada tanggal 10 April 2022, dilanjutkan dengan musyawarah antara TIM PKM UMY dengan pengurus Tirto Lestari pada tanggal 12 April 2022. Hasil musyawarah tersebut diputuskan kegiatan persiapan akan dilakukan pada tanggal 16 April 2022 dan kegiatan kerja bakti dilakukan tanggal 24 April 2022. Selanjutnya pengabdian dilanjutkan setelah Idul Fitri 1443 H, dengan pemasangan pompa dan disambung dengan jaringan pipa. Kemudian dilakukan uji coba untuk mengalirkan air dari sumber ke tandon/reservoir yang telah dipersiapkan pada skema pengabdian yang lain. Alhamdulillah, air bisa mengalir dari sumber ke reservoir/tandon yang direncanakan. Serah terima secara simbolik dilakukan pada tanggal 15 Juli 2022, oleh Bapak Dr. Novi Caroko sebagai Kepala Divisi Pengabdian Dosen LPM UMY.

Kondisi sumber air sebelum kegiatan pengabdian dan kondisi sumber air setelah kegiatan pengabdian

Kondisi lokasi reservoir sebelum kegiatan pengabdian dan kondisi reservoir setelah kegiatan pengabdian dan serah terima hasil pengabdian