Bersinergi kala Pandemi dengan Penyediaan Prasarana dan workshop Pengelolaan Perpustakaan Sekolah SD Muhammadiyah Ngluwar

July 22, 2021, oleh: superadmin

Tim Dosen Prodi Teknik Sipil FT UMY yang diketuai oleh Dr. Willis Diana, S.T.,M.T melakukan pengabdian masyarakat di SD Muhammadiyah Ngluwar kabupaten Magelang.  Di beberapa sekolah, terutama tingkat Sekolah Dasar (SD) termasuk di SD Muhammadiyah Ngluwar, perpustakaan masih diposisikan sebagai pelengkap proses pembelajaran.Perpustakaan Sekolah masih  “menumpang” di ruang kelas, karena kekurangan ruang dan belum adanya sumberdaya untuk mengelola. Tahun 2020 Sekolah ini telah berhasil memilki ruang perpustakaan sekolah sendiri, namun mengalami kesulitan dalam melengkapi prasarana seperti rak-rak buku dan pengelolaan perpustakaan. Sehingga, bantuan dari tim pengabdian masyarakat untuk membantu pihak sekolah dalam mewujudkan Perpustakaan sekolah sangat diharapkan.

perpustakaan yang berada di sekolah dapat menunjang peningkatan kualitas sumber daya siswa. Dari siswa yang sejak pendidikan dasar telah terbiasa dan teredukasi memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber informasi, diharapkan dapat menjadi bekal untuk sukses dijenjang berikutnya, selanjutnya siswa terbiasa menjadikan pustakawan, perpustakaan, dan seganap fasilitasnya sebagai sarana, mitra, dan solusi untuk mengatasi permasalahan dalam proses belajarnya. Jenjang pendidikan dasar memiliki peranan penting untuk menumbuhkan tradisi belajar yang lebih baik dengan mengaitkan perpustakaan sebagai mata rantai penting proses belajar, sehingga peran besar pendidik di sekolah dasar sangat penting untuk upaya pembaharuan budaya belajar siswa dengan mengedepankan peran perpustakaan sekolah, sosialisasi dan melakukan langkah nyata yang terkoordinasi.

Tim Pengabidan Masyarakat membantu SD Muhammadiyah Ngluwar merancang lay out perpustakaan, menyediakan prasarana rak-rak perpustakaan, dan workshop pengelolaan perpustakaan sekolah menuju perpustakaan nasional, meliputi bagaimana cara mengkategorisasi, katalogisasi, penyusunan buku dalam rak, sirkulasi dan mengelola perpustakaan sehingga perpustakaan mampu menarik siswa untuk berkunjung dan belajar di perpustakaan. Pihak mitra sangat antusias mengikuti workshop, dan berharap ada lanjutan kerjasama berikutnya untuk membantu sekolah dalam meningkatkan peran perpustkaan dalam pembelajaran daring di masa pandemi.

Gambar Perpustakaan sekolah yang masih menumpang pada ruang kelas