Prodi Teknik Sipil UMY Terakreditasi Unggul

July 16, 2021, oleh: superadmin

Setelah sebelumnya berhasil memperoleh verifikasi AUN-QA tahun 2021, Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menorehkan akreditasi Unggul terhitung sejak tanggal (6/7).

Perolehan akreditasi ini didasarkan pada keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 9219/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/VII/2021 tentang Konversi Peringkat Akreditasi Program Studi Teknik Sipil Pada Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Kabupaten Bantul. Dalam surat keputusan ini ditetapkan bahwa Program Studi Teknik Sipil UMY Program Sarjana memperoleh akreditasi Unggul dengan nilai 372. Keputusan ini berlaku sejak 6 Juli 2021 hingga 5 Desember 2022.

Melansir dari Naskah Akademik Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi 3.0 BAN-PT disebutkan akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi. Setidaknya ada empat dimensi penilaian dalam proses akreditasi. Diantaranya adalah mutu kepemimpinan dan kinerja tata kelola yang meliputi integritas visi dan misi, kepemimpinan, tata pamong, manajemen sumberdaya, kemitraan, dan penjaminan mutu internal. Dimensi lain adalah mutu dan produktivitas luaran dan capaian, mutu proses, dan mutu input.

Setidaknya ada tujuh kriteria nilai akreditasi yang kemudian dinyatakan dalam status terakreditas atau tidak terakreditasi. Untuk status terakreditasi akan dibagi dalam lima peringkat yakni, Unggul, Baik Sekali, Baik Sekali, Baik, dan Baik.

Akreditasi tak bisa dianggap enteng, ada bergam alasan pentingnya akreditsi kampus maupun program studi bagi mahasiswa. Diantaranya adalah cerminan kualitas pendidikan, persyaratan bekerja setelah lulus, standar pendidikan yang berkualitas, dan kemampuan bersaing dengan mahasiswa perguruan tinggi lainnya.

Mendapat akreditasi Unggul, Program Studi Teknik Sipil UMY sudah pasti kualitas pendidikannya tidak dapat diragukan kembali. Perolehan akreditasi inti tentu harus menjadi pertimbangan bagi calon mahasiswa baru yang hendak menentukan program studi dan perguruan tinggi. (Sraii)