Kenalan dengan PESUT UMY, Organisasi Penelitian di Teknik Sipil

July 16, 2021, oleh: superadmin

Dunia mahasiswa tak bisa dijauhkan dari hal hal bernama organisasi, komunitas, penelitian, dan laiinya. Ada beragam organisasi yang tersedia di lingkungan kampus. Di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sendiri organisasi dan komunitas tak hanya ada di tingkat universitas, namun juga di tingkat fakultas hingga program studi. Salah satunya adalah PESUT.

PESUT merupakan salah satu organisasi yang berada di Program Studi Teknik Sipil UMY sejak tahun 2015. Ini merupakan organisasi yang bergerak di bidang penelitian dan perlombaan dengan fokus pembahasan adalah materi Teknik Sipil. Meskipun berada di bawah Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil, namun organisasi ini sangat terbuka bagi seluruh mahasiswa prodi ini.

PESUT UMY telah banyak menorehkan prestasi, baik di tingkat regional maupun nasional. Terbaru, tiga tim dari organisasi ini berhasil dinyatakan lolos dan didanai untuk melakukan riset dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2021. Tak hanya ajang PKM, beberapa kali ajang perlombaan di tingkat nasional pun dijuarai oleh tim dari organisasi ini.

Dalam waktu dekat, tim PESUT akan kembali mengikuti beragam kompetisi nasional yang sesuai dengan Program Studi Teknik Sipil. Diantaranya adalah Lomba Beton, Lomba Jembatan, Karya Ilmiah, dan lain sebagainya.

Meskipun berorientasi pada penelitian dan kompetisi, namun organisasi ini juga dapat menjadi sebuah rumah dan keluarga bagi para anggotanya. Kebersamaan yang tercipta selama beroganisasi utamanya ketika melakukan sebuah penelitian atau persiapan perlombaan, akan dapat terbentuk dan terjalin erat. Hal ini merupakan sebuah benefit bagi anggota PESUT, tak hanya memperoleh ilmu, prestasi non akademik, namun juga teman, rekan, serta keluarga.

Organisasi PESUT sangat membuka kesempatan secara luas bagi seluruh civitas akademika Program Studi Teknik Sipil UMY untuk bergabung dan menyalurkan ide-ide kreatifnya untuk dapat diteliti lebih dalam ataupun diikutkan dalam sebuah perlombaan. Seluruh informasi tentang organisasi ini dapat dilihat dan diakses melalui laman sosial media resmi milik PESUT. (Sraii)