Persiapan 3 Tahun, Prodi Teknik Sipil Tersertifikasi AUN-QA

July 13, 2021, oleh: superadmin

Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berhasil menjadi salah satu dari empat program studi lainnya yang memperoleh sertifikasi Asean University Network-Quality Assurance (AUN-QA) 2021. Di tahun ini, program studi Teknik Sipil menjadi satu-satunya prodi yang tersertifikasi AUN-QA di Fakultas Teknik UMY.

AUN-QA sendiri merupakan sebuah asesmen yang dilakukan secara mandiri (self assesment) dengan melakukan penulisan SAR (Self-Assesment Report). Asesemen ini mengacu kepada standar akreditasi internasional. AUN-QA diinisiasi sejak tahun 1998 oleh Asean University Network (AUN).

Asean University Network sendiri merupakan sebuah asosiasi yang didirikan untuk menjamin kualitas pendidikan tinggi di negara-negara ASEAN. AUN bertanggung jawab untuk mempromosikan jaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi, meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, dan berkolaborasi dengan badan regional serta internasional untuk kepentingan komunitas ASEAN.

Ada beragam manfaat yang diperoleh oleh universitas, utamanya kepada program studi yang telah disertifikasi oleh AUN-QA. Diantaranya adalah kesetaraan dengan program studi universitas berkualitas tinggi lainnya di ASEAN. Selain itu, mahasiswa dapat melakukan transfer kredit ke universitas lain yang telah disertifikasi.

Adanya peluang untuk berpartisipasi dalam program AUN-QA dan atau proyek pengembangan kerjasama dengan organisasi mitra ASEAN menjadi manfaat yang diperoleh oleh program studi pemegang sertifikasi ini. Manfaat lainnya adalah menambah jaringan di antara negera ASEAN dan terlibat dalam konferensi AUN-QA. Terakhir, ada peluang terlibat dalam likakarya dan kursus pelatihan AUN-QA serta berbagi pengalaman implementasi untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi.

Memperoleh sertifikasi yang begitu membanggakan tentu harus melewati berbagai persiapan panjang dan matang. Program Studi Teknik Sipil UMY sendiri telah mempersiapkannya sejak 3 tahun lalu, atau tepatnya tahun 2018. Persiapan dimulai dengan penyesuaian kurikulum yang semula Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) 2016 diganti menjadi kurikulum Outcomes Based Education (OBE). Kurikulum baru ini diimplementasikan sejak tahun 2019 hingga saat ini.

Persiapan kemudian dilanjutkan dengan penulisan SAR dan penyusunan bukti-bukti (evident) untuk penyusunan SAR yang kemudian di submit pada 1 Maret 2021 dan divisitasi secara online pada tanggal 3 Mei 2021 hingga 7 Mei 2021.

“Ketika visitasi online itu juga ada kegiatannya, mulai dari pembukaan oleh Rektor UMY, wawancara dengan pimpinan fakultas, kaprodi, dan tim penyusunan SAR. Kemudian dilanjutkan dengan wawancara dosen, mahasiswa, support staff, alumni, dan pengguna alumni. Visitasi online ini juga menyediakan live streaming fasilitas prodi dan universitas. Alhamdulillah semua berjalan lancar, sukses, dan prodi Teknik Sipil tersertifikasi AUN-QA,” tutur Sekertaris Program Studi Teknik Sipil.