Profil Lulusan

Dengan mempelajari kebutuhan masa depan profesi keinsinyuran teknik sipil yang diperoleh melalui analisis kebutuhan dari pemangku kepentingan, tracer study alumni dan lulusan, Prodi Teknik Sipil FT UMY merumuskan Profil Profesional (PP) sebagai berikut,

PP-1. Perencana Konstruksi (Planner and Designer) perencana konstruksi adalah penyedia jasa orang perseorangan atau badan usaha yang dinyatakan ahli dan professional di bidan perencana jasa konstruksi yang mampu mewujudkan dalam bentuk dokumen perencanaan bangunan fisik lain.

PP-2. Pelaksana Konstruksi (Contractor)pelaksanana konstruksi adalah penyedia jasa orang perseorangan atau badan usaha yang dinyatakan ahli dan professional di bidang pelaksanaan jasa konstruksi yang mampu menyelenggarakan kegiatan untuk mewujudkan suatu hasil perencanaan menjadi bentuk bangunan atau bentuk fisik lain.

PP-3. Pengawas Konstruksi (Supervisor) pengawas konstruksi adalah penyedia jasa orang perseorangan atau badan usaha yang dinyatakan ahli dan professional di bidang pengawasan jasa konstruksi yang mampu melaksanakan pekerjaan pengawasan sejak awal pelaksanaan pekerjaan konstruksi sampai selesai diserahterimaka.

PP-4. Akademisi: Dosen dan Peneliti (Academic staff and Researcher) akademisi adalah tenaga pendidik professional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.