Daftar Matakuliah

Matematika Teknik 2

Kode Mata Kuliah/SKS : TSD 2202 /4
Semester : 2
Dosen Koordinator Ahmad Zaki, S.T., M.Sc., Ph.D., Dr. Ani Hariani, S.T., M.Eng., Puji Harsanto, S.T., M.T, Ph.D., Dr. Seplika Yadi, S.T., M.T.
Pustaka :
Informasi mata kuliah
Deskripsi Singkat : Mata Kuliah Matematika Teknik 2 (4 SKS) merupakan salah satu mata kuliah dasar yang diberikan pada semester 2 dan melengkapi mata kuliah Matematika Teknik 1 yang diberikan pada semester 1. Tujuan diberikan mata kuliah Matematika Teknik 2 ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang dasar-dasar perhitungan matematik yang diterapkan dalam analisis bidang Teknik Sipil. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa tidak akan mengalami permasalahan perhitungan matematis ketika menyelesaikan analisis pada perkuliahan berikutnya. Materi yang terkandung dalam Mata Kuliah Matematika Teknik 2  memiliki tingkat kedalaman materi hingga level 3 dalam taksonomi bloom, sehingga diharapkan pada akhir perkuliahan, peserta memiliki kemampuan mengingat (remembering), memahami (understanding) dan menerapkan (applying) teori-teori matematis untuk menyelesaikan permasalahan (problem solving) dalam analisis pada bidang Teknik Sipil.
Mata Kuliah Prasyarat : Matematika Teknik 1
Wajib/Pilihan : Wajib
Praktik Studio : Tidak ada
Praktikum : Tidak ada
Tujuan spesifik mata kuliah
Tujuan : Untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang dasar-dasar perhitungan matematik yang diterapkan dalam analisis bidang Teknik Sipil
Capaian Pembelajaran :
  • Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks (complex engineering problem) (ELO 1)
  • Mampu memilih sumberdaya dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi (ELO 3)
Topik yang dibahas :
  1. Barisan dan deret (aritmatik)
  2. Limit dan Diferensial
  3. Integral Dasar dan Ruang
  4. Integral Rangkap Dua dan Rangkap Tiga
  5. Determinan dan matriks