Daftar Matakuliah

Bangunan Teknik Sipil

Kode Mata Kuliah/SKS : TSD 1301 /2
Semester : 1
Dosen Koordinator Ir. Bagus Soebandono, S.T., M.Eng., Fanny Monika, S.T., M.Eng., Emil Adly, S.T., M.Eng., Dr. Ani Hairani, ST., M.Eng.
Pustaka :
Informasi mata kuliah
Deskripsi Singkat : Mata Kuliah Bangunan Teknik Sipil (3 SKS) merupakan salah satu mata kuliah yang bertujuan untuk memberikan pengenalan dan pemahaman mahasiswa terhadap bangunan struktural dan non struktural. Mata kuliah ini wajib ditempuh mahasiswa sebagai pengenalan dasar dunia teknik sipil dari segi menggambar. Mata kuliah ini menggunakan teknik menggambar manual dan teknik gambar menggunakan software. Materi yang terkandung dalam mata kuliah Bangunan Teknik Sipil memiliki tingkat kedalaman materi hingga ke level 5 dalam taxonomi bloom sehingga diharapkan pada akhir perkuliahan, peserta mampu menerapkan ilmu pengetahuan yang digunakan di dunia teknik sipil sepanjang hayat, mengerti (understending), merencanakan, merancang dan melaksanakan, pengetahuan mengenai bangunan struktur dan non struktur. Selain itu mahasiswa juga harus mampu memiliki kemampuan untuk menggunakan (applying), dan mampu betanggung jawab terhadap hasil perencanaan dengan lisan dan tulisan. Bahan kajian dalam mata kuliah ini meliputi pengenalan terhadap software penggambaran, pengenalan terhadap bangunan gedung dan pengenalan terhadap bangunan non gedung.
Mata Kuliah Prasyarat : Tidak ada
Wajib/Pilihan : Wajib
Praktik Studio : Tidak ada
Praktikum : Ada
Tujuan spesifik mata kuliah
Tujuan : Untuk memberikan pengenalan dan pemahaman mahasiswa terhadap bangunan struktural dan non struktural
Capaian Pembelajaran :
  • Mampu menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem, proses, atau komponen (ELO 1)
  • Mampu memilih metode untuk merencanakan dan mendesain sistem konstruksi (ELO 2)
  • Mampu memilih sumberdaya dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi (ELO 3)
  • Mampu berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan berbagai sarana secara tepat (ELO 7)
Topik yang dibahas :
  1. Menggambar Teknik
  2. Pengenalan bangunan Gedung
  3. Pengenalan bangunan jalan
  4. Pengenalan bangunan jembatan