Laporan Kunjungan Lapangan Dosen Prodi Teknik Sipil FT UMY ke Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo-Kertasono Paket 1

September 25, 2016, oleh: superadmin

Pada tanggal 24 September 2016 dilaksanakan kunjungan lapangan dosen Teknik Sipil Fakultas Teknik UMY ke Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo-Kertasono Paket 1 (STA 20+900 s.d. STA 56+050). Dosen  yang berpartisipasi dalam kunjungan dan pertemuan di Kantor Pemimpin Proyek – PT. Solo Ngawi Jaya (SNJ) Paket 1  adalah Dr. Noor Mahmudah, M.Eng., Nursetiawan, Ph.D, As’at Pujianto, MT, dan Yoga Aprianto Harsoyo, MT. Adapun dari pihak proyek yang hadir pada pertemuan tersebut adalah Wakil dari Pimpro PT. SNJ Paket 1 – Bapak Ir. Bianto Johan dan Bambang P, Ir. Agus Hartanto (PT. Virama Karya),  Ir. Alim Tn, Ir. Hendro, dan Ir. Hasbullah (PT. Waskita Karya).

Maksud dari kunjungan ke Proyek Jalan Tol ini adalah inisiasi kerja sama antara Prodi Teknik Sipil FT UMY dengan para pelaku industri konstruksi teknik sipil (Pemilik/Pimpro, Konsultan Pengawas/ Supervisi, maupun Pelaksana Proyek/Kontraktor)  khususnya dalam memfasilitasi kegiatan Kerja Praktek dan Kunjungan Lapangan mahasiswa di masa mendatang. Sebelumnya, pada bulan Juli-September 2016, delapan orang mahasiswa Teknik Sipil 2013 diterima kerja praktek oleh Pimpro PT. SNJ Paket 1 yang terdiri dari Hernawan Fajar Sulisriyanto, Khansa Syifatul Ulya, Mayang Sari, Iqbal Fauzi, Ferdika, Muhammad Yusup, Wiwit Kurniawan, dan Krisna Eka Syahputra.

Pertemuan diawali dengan perkenalan antara Dosen Teknik Sipil FT UMY dengan Wakil dari Pimpro PT. SNJ, Wakil dari PT. Virama Karya dan beberapa staf teknis dari PT. Waskita Karya. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan singkat tentang proyek dan diskusi terkait pelaksanaan proyek serta evaluasi kegiatan mahasiswa yang kerja praktek.  Beberapa masukan berharga juga disampaikan oleh semua perwakilan proyek yang hadir. Wakil dari PT. SNJ sangat mendukung kegiatan kerja sama yang diusulkan Prodi Teknik Sipil FT UMY khususnya untuk Kerja Praktek, Kunjungan Lapangan dan Kuliah Umum. Acara pertemuan diakhiri dengan penyerahan cendera mata dari Prodi Teknik Sipil UMY. Setelah makan siang dan foto bersama kemudian dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke proyek jalan tol yang didampingi oleh staf Pimpro, Konsultan Supervisi, dan Kontraktor.

Dosen yang akhirnya ikut berpartisipasi dalam kunjungan lapangan adalah:
1. Nursetiawan, Ph.D.
2. As’at Pujianto, MT
3. Yogya Apriyanto Harsoyo, MT
4. Dr. Noor Mahmudah

1-4

1-1

1-2

1-3