Tim PESUT FAF Meraih Juara 2 Ajang Kategori Truss pada National Bridge Competition UNY 2020

December 28, 2020, oleh: superadmin

22 Desember 2020. Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berhasil meraih Juara 2 dalam ajang “National Bridge Competition UNY 2020″ yang diadakan secara daring melalui zoom meeting (22/11/2020). Tim Pesut FAF yang beranggotakan Rahmad Afriansya (20170110084), Yana Ichsannur Putra (20190110244), dan Luthfi Alfajri (20190110281) dengan dosen pembimbing Dr.Eng. Pinta Astuti.

National Bridge Competition merupakan sebuah kompetisi antar perguruan tinggi se-Indonesia dalam bidang keteknik sipilan yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa/i khususnya dalam bidang teknik sipil untuk merencanakan sebuah rancangan jembatan. National Bridge Competition  pada kompetisi ini memiliki 2 kategori jembatan, yaitu truss dan arch dengan mengangkat tema “Jembatan Nusantara Inovatif, Ringan, Efisien, Estetis Dan Ramah Lingkungan”. Oleh karena itu, tim Pesut FAF berinovasi untuk membuat jembatan yang diberi nama dengan Jembatan Joglo. Jembatan tersebut disesuaikan dengan tema yang diusung pada kompetisi yang memiliki unsur nusantara.

Konsep Jembatan Joglo yang dirancang oleh tim Pesut FAF menggunakan perpaduan dari konsep struktur warren truss yang dikonfigurasi dengan model atap jolgo. Alhasil, hasil konfigurasi tersebut memiliki nilai efisien yang tinggi, dimana jembatan yang dirancang dapat menahan pembebanan hingga 94 kali lebih berat dari model jembatan.

Hasil perjungan dan doa dari keluarga, guru dan teman-teman terbayar dengan syukur atas raihan juara 2 pada perlombaan. Hasil tersebut diharapkan dapat memotivasi teman-teman seperjuangan Teknik Sipil UMY untuk dapat memberikan prestasi yang lebih baik