Workshop Software Simulasi Lalulintas PTV Vissim 8.0

Februari 14, 2016 oleh : adminweb

Pada hari Sabtu, 13 Februari 2016, Laboratorium Transportasi Teknik Sipil UMY bekerjasama dengan PTV Group (Transforum) mengadakan workshop software simulasi lalulintas PTV Vissim 8.0. Acara yang bertema “ONE DAY WORKSHOP Pelatihan Pengenalan Pemodelan Simulasi Lalulintas dengan Software Vissim 8.0” itu mengundang langsung PTV certified trainer dari PTV Group yaitu Bapak Sigit W Prasetya selaku juga founder dan CEO Transforum. Acara tersebut diikuti lebih dari 40 peserta yang terdiri baik dari dosen maupun mahasiswa. Turut diikuti oleh Bapak Emil Adly, S.T.,M.Eng, Ibu Anita Rahmawati, S.T.,M.Sc dan Bapak Dian Setiawan M, S.T.,M.Sc.Sc selaku dosen Teknik Sipil UMY.

Sebelum acara workshop berlangsung, acara dibuka oleh Kepala Program Studi Teknik Sipil UMY dalam hal ini diwakili oleh Bapak Puji Harsanto, Ph.D selaku Sekretaris Program Studi. Setelah pembukaan, acara workshop dimoderatori oleh Bapak Muchlisin, S.T.,M.Sc dan kemudian disampaikan materi pertama oleh Ibu Dr. Noor Mahmudah, S.T.,M.Eng selaku dosen transportasi Teknik Sipil UMY yang menyampaikan materi mengenai “Step-to-Step the Art of Traffic Modelling” yang membahas mengenai dasar-dasar pemodelan lalulintas. Setelah materi pertama, kemudian acara dilanjutkan pada acara inti yaitu pelatihan Sofware Vissim 8. Acara workshop berjalan dengan lancar atas bantuan teman-teman dari HMS (Himpunan Mahasiswa Sipil) UMY.

Sebagai PTV certified trainer, Bapak Sigit W Prasetya secara langsung memberi pelatihan bagaimana dan apa Sofware Vissim 8 ini. Peserta diberikan software secara gratis versi student, sehingga hampir 8 jam penuh para peserta baik dosen maupun mahasiswa mengikuti dengan antusias. Kelebihan Software Vissim 8 ini, tutur pak Sigit, adalah pada output-nya. Selain dapat menghasilkan hasil analisis, software traffic micro-simulation program Vissim 8.0 juga dapat menghasilkan video hasil simulasi. Video simulasi tersebut sudah berbentuk 3 dimensi, sehingga para traffic engineer dapat secara real membuat simulasi baik untuk analisis kondisi eksisting maupun untuk predicting.

 

Ar2rO6Dob7HLbxEqR4dBVSjAXIhF0fiXkZ8qqPExLqs0

 

AqswXHhK-TRe5Sl5CqQiIxr3nvyllq3C2OSd8nqCmBHQ

 

At2T05Cq3bD6T0blNhJ6xFLJEIzKbndSLx7QIHIOo1ZZ