Dunia kerja Teknik Sipil begitu luas, disegala jenis pekerjaan,  sarjana Teknik Sipil diperlukan sebagai ujung tombak pembangunan sarana dan prasarana bagi  perusahaan dan pemerintahan. Untuk itu pada Seminar Nasional yang diadakan pada Sabtu, 7 Oktober 2017, di Ruang Sidang, Gedung Ar Fachrudin B Lantai 5, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, mampu melihat sisi lain pekerjaan yang tidak terbayangkan oleh mahasiswa sebelumnya.

Seminar Nasional yang bertemakan “Rekayasa Teknik Sipil Dalam Industri Tenaga Listrik di Indonesia” ini dihadiri sekitar 120 peserta dari internal kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,  serta eksternal seperti Kampus Universitas Islam Indonesia, Universitas Gajahmada, serta perusahaan dari perusahaan. Kegiatan ini mampu menarik perhatian audience selama kuranglebih 2 jam (pukul 9.00 s/d 11.00), dan dengan rasa antusisas audience membuat seminar ini menjadi lebih menarik.

Nurshabib Yuli Usmanto, S.T. merupakan seorang alumni Universitas Islam Indonesia sekaligus Owner di PT. Handas Consultant dan motivator muda yang berhasil membuat mahasiswa tertarik untuk mendengarkan setiap materi dan pengalaman yang disampaikan. Berbekalkan ilmu dan software,  beliau mampu menjadi konsultan handal dan mampu membuka peluang pekerjaan kepada sarjana teknik sebanyak kuranglebih 80 orang yang berpusat di Jakarta, dan lingkup pekerjaan meliputi hampir seluruh bagian Indonesia, khususnya daerah industri.

Beliau menjelaskan bagaimana peran teknik sipil dalam Industri tenaga listrik di Nusantara yang meliputi Survey, Planning, Design & Construction, Solving, Problem Funding and Scheduling. Secara gamblang beliau menerangkan prasarana gardu listrik sebagai kegiatan utamanya, serta menganalisis beban yang dihitung dalam proses prencanaan tower yang meliputi beban pada kabel dan beban tarik dari Cross Arm yakni sebesar 2 Ton/ tarikan. Peran Teknik Sipil juga berpengaruh pada perencanaan pondasi untuk menahan beban tarik dari Cross ARM.

Diharapkan dengan terlaksananya Seminar Nasional bidang Struktur ini dapat memberikan tambahan wawasan kepada peserta seminar mengenai satu keahlian khusus  Rekayasa Teknik Sipil Dalam Industri Tenaga Listrik di Indonesia serta memotivasi kita agar lebih giat belajar menguasai software dan melihat peluang-peluang besar dalam pekerjaan konstruksi.

Penyampaian Materi oleh Bapak Nurshabib Yuli Usmanto, S.T

Penyampaian Materi oleh Bapak Nurshabib Yuli Usmanto, S.T

Foto Bersama Dengan Pemateri,Tamu Undangan Dan Peserta