Foto bersama pada kegiatan assessment and desain

Yogyakarta, Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta telah melaksanakan kegiatan Kecendikiawanan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (KPKM) pada hari Selasa (10/9) dengan mengusung tema “Ikhlas Berbagi Wujudkan Generasi Tanggap Bencana dan Peduli Antar Sesama” bertempat di SD Muhammadiyah Mrisi yang berlokasi di Jl. Mrisi, Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. KPKM merupakan sebuah kegiatan yang mendasari Tri Darma Perguruan dan merupakan GBHK Divisi Sosial dan Keagamaan Himpunan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kegiatan ini ada sebagai bentuk kepedulian dosen dan mahasiswa terhadap dunia pendidikan dan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

KPKM memuat beberapa rangkaian kegiatan, salah satunya yaitu Assessment dan desain dan kecendikiawanan. Assessment dan desain dilaksanakan pada Selasa (10/9). Assessment merupakan kegiatan penilaian terhadap kelayakan stuktur suatu bangunan yang dilaksanakan oleh tim penilai yang terdiri oleh mahasiswa dan seorang dosen pembimbing yang memiliki kompetensi dalam bidang struktur. Pelaksanaan assesment pada gedung SD Muhammadiyah Mrisi menggunakan metode Rapid Visual Screening. Metode ini dipilih karena dalam proses identifikasinya tidak menghabiskan waktu yang lama dan tanpa harus menganalisa bangunan dengan menggunakan software. Dan juga terdapat desain yang berguna untuk upgrading bangunan gedung SD Muhammadiyah Mrisi dari satu lantai menjadi dua lantai. Pelaksanaan dilaksanakan setelah mengevaluasi hasil dari assesment bangunan. Dari evaluasi tersebut dapat ditentukan dimensi struktur dan komponen-komponen lainnya serta menetapkan besar anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pengembangan fasilitas sekolah dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB).

 

Kegiatan Assessment dan desain bertujuan untuk  melaksanakan assessment terhadap bangunan sekolah guna mengetahui tingkat kelayakan bangunan, mendesain dan merancang ulang bangunan sekolah dengan menambah beberapa fasilitas baru di dalamnya, penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk pelaksanaan pengembangan bangunan sekolah, dan penyusunan proposal pengembangan bangunan sekolah.

Kegiatan Assessment dan desain ini dibimbing oleh beberapa dosen Teknik Sipil UMY, yaitu :

  1. Emil Adly, S.T.,M.Eng
  2. Mandiyo Priyo, M.T
  3. Fanny Monika, S.T.,M.Eng
Foto ketika dilakukan pengukuran pada kegiatan assessment and desain