PERENCANAAN PEMBANGUNAN MBS BANJARNEGARA KALIBENING

November 12, 2018 oleh : adminweb

PERENCANAAN PEMBANGUNAN MBS BANJARNEGARA KALIBENING

Muhammadiyah sebagai organisasi besar di indonesia selama ini telah ikut berperan serta dalam membenahi kondisi bangsa, khususnya dalam mempersiapkan kader generasi baru sebagai cara untuk membebaskan bangsa dari keterpurukan akhlak dan mental. Sebagai wujud nyata dari peran serta Muhammadiyah tersebut warga Muhammadiyah di kecamatan Kalibening, kabupaten Banjarnegara, provinsi Jawa Tengah melalui pimpinan cabang Muhammadiyah kabupaten Banjarnegara telah bekerja sama  dengan Ponodok pesantren Muhammadiyah Boarding School yang terletak di kecamatan Kalibening dalam pengelolaan pondok pesantren modren Muhammadyah di wilayah kabupaten Banjarnegara. Bentuk kerja sama dalam dunia pendidikan ini diwujudkan dalam pengelolaan SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara yang dikembangkan menjadi pondok pesantren modern dengan sistem asrama (boarding school).

Gambar 1 SMA 4 Muhammadiyah Banjarnegara

Pembanguan gedung asrama Muhammadiyah Boarding School yang berlokasi di kecamatan Kalibening, belum memiliki tata letak yang jelas, belum mempunyai gambar detail dan rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan gedung asrama MBS Kalibening. Gambar rencana dan Rencana Anggaran Biaya merupakan panduan bagi masyarakat Kalibening dalam pelaksanaan pembangunan sehingga akan tercapai sasaran pembanguanan yang tepat biaya, tepat mutu dan dan waktu.

Perencanaan ini memerlukan beberapa tenaga ahli, seperti arsitek, konstruktur dan lain sebagainya. Tenaga ahli ini tidak dimiliki oleh masyarakat kalibening, sehingga memerlukan bantuan ke Fakultas Teknik.

Berdasarkan keadaan seperti tersebut di atas dan didasari niat yang baik, Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merasa berkewajiban untuk membantu dalam hal layanan teknis seperti perencanaan pembanguana gedung asrama MBS Kalibening.

Konsep design yang dikembangkan adalah bernuansa lingkungan dan islami,maka mengacu kepada konsep ini terciptalah sebuah design seperti gambar dibawah ini

Gambar 2 Konsep design

 

Konsep design diatas telah memenuhi unsur-unsur bangunan dengan mengedepankan keamanan, kenyamanan, dan ekonomis dari sisi biaya. Maka dengan konsep ini harapannya dari memenuhi tujuan dari pembelajaran MBS kali bening untuk mendapatkan peserta didik yang memiliki tingkat keilmuan yang tinggi namun mendapatkan tingkat keimanan yang tinggi pula.