Juni 28, 2019 oleh admin

Foto bersama peserta bridging di proyek YIA.

Pengenalan dunia konstruksi sangat penting terutama bagi calon insinyur muda agar dapat menjadi kontraktor ataupun konsultan dengan baik dan jujur. Maka dari itu, para mahasiswa diajak berkecimpung di dunia konstruksi terutama proyek pembangunan infrastruktur di Indonesia. Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Bridging 2019 bagi mahasiswa baru di Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Rabu-Kamis (26-27/6) dengan tema “Mind Your Step! This Is your Way to be An Engineer”.

Bridging 2019 merupakan kegiatan yang memadukan observasi, kunjungan, dan wisata mahasiswa ke instansi maupun lembaga yang berkaitan dengan disiplin ilmu atau bidang yang ditekuni mahasiswa di perguruan tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya oleh Program Studi Teknik Sipil UMY, dimana pelaksanaannya dibantu dan didukung oleh Pengurus Himpunan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HMS-FT UMY) dengan sasaran Mahasiswa Baru Program Studi Teknik Sipil UMY.

Bridging 2019 dibimbing oleh beberapa dosen Teknik Sipil UMY yaitu :

  1. Yoga A. Harsoyo, S.T., M.Eng.
  2. Taufiq Ilham Maulana, S.T., M.Eng.
  3. Seplika Yadi, ST., M.Eng.
  4. Ahmad Zaki, S.T., M.Sc., Ph.D.

Di awal kunjungan mahasiswa dikumpulkan dalam suatu ruangan untuk diberikan informasi yang berkaitan dengan proyek pembangunan YIA oleh pihak owner yaitu Angkasa Pura. Dalam proyek ini memiliki beberapa patner kerja yaitu:

  1. Konsultan Perencana (Airside) dari Nur Straits Engineering (NSE)
  2. Konsultan Perencana Basic Design (Landside) dari Virama Karya
  3. Konsultan Pengawas (PMSC) dari Blue Vision – Ciria Jasa – Tata Guna Patria
  4. Pemasangan Pagar Batas Lahan Bandara oleh Angkasa Pura Property
  5. Pekerjaan Persiapan (Land Clearing, Galian, Timbunan, Deep Soil DC, Deep Soil RIC) oleh Pembangunan Perumahan (Persero)
  6. Pekerjaan Pembangunan Infrastruktur oleh Pembangunan Perumahan (Persero) – KSO

Proyek pembangunan YIA memiliki keunggulan dalam berbagai bidang. Dalam bidang desain, YIA memiliki arsitektur bandara dengan konsep ke-arifan lokal dan target Gold Category Green Building, serta desain struktur bandara yang didesain untuk mitigasi terhadap tsunami. Bidang implementasi BIM, YIA memiliki perhitugan dan modelling runway, serta gedung terminal. Dan bidang konstruksi, YIA memiliki perbaikan tanah dalam dan pekerjaan timbunan CSD (Cutter Suction Dredger).