Pengajian dan Buka Puasa Bersama

Mei 29, 2019 oleh : adminweb

Program studi teknik sipil mengadakan acara pengajian Ramadhan dan buka puasa bersama pada hari Senin 27 Mei 2019, di Rumah Makan Banyu Mili. Acara pengajian diisi oleh bapak Ir. Asat Pujianto, M.T., yang juga merupakan staf pengajar prodi Teknik Sipil. Tema yang diangkat pada pengajian Ramadhan kali ini adalah menjaga persatuan.

Menurut bapak Ir. Asat Pujianto, MT, Persaudaraan tidak diikat dengan nasab keturunan, tetapi persaudaraan diikat dengan iman dan islam. walaupun berbeda nasab, bangsa, bahasa, warna kulit, selama masih dalam islam dan beriman, maka orang tersebut adalah saudara.
Pada acara pengajian tersebut juga disampaikan beberapa hal, antara lain
1. Pentingnya mempelajari persatuan , antara lain untuk memperoleh Rahmat (QS Al Hujaraat :10), dan mendapatkan Surga (QS At Taubah :71-72),
2. Cara menjaga persatuan, yaitu dengan memegang teguh Al Quran dafn As Sunnah ( QS Ali Imraqn : 103), saling membantu (HR. muslim no. 65) berusaha menolong saudara yang kesusahan (HR Muslim no 66), mencintai saudara dengan cara menebarkan salam dan memberikan apa yang menjadi hak saudaranya.
3.Larangan yang harus dihindari, antara lain, mendiamkan sudara lebih dari 3 hari, berbantah bantahan, bertengkar salung menjatuhkan, berlaku zalim,berprasangka buruk, ghibah, mencaci, salung membenci, dan mengikuti langkah setan.