PEMETAAN DUSUN PINTAR BERBASIS SIG PADA DUSUN POKOH I, DESA DLINGO, KECAMATAN BANTUL, YOGYAKARTA.

Berdasakan UU No 6 Tahun 2014, Desa merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu suatu Desa atau Dusun dalam penyelenggaraan nya harus memiliki sistem informasi Desa dimana didalam nya berisi data-data administrasi yang lengkap dan mudah untuk diupdate pembaharuan nya serta dapat diakses oleh masyarakat dengan mudah. Namun permasalahan yang sering terjadi adalah kurang nya pengolahan administrasi yang menyajikan data secara lengkap, akurat dan mudah untuk diupdate perkembangan nya.

Untuk mengurangi permasalahan tersebut Emil Adly, S.T., M.Eng di bantu oleh KKN UMY 040 sekaligus sebagai dosen pembimbing lapangan dengan bantuan pendanaan dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta membuat sebuah ide yang mengusung tema “Pengembangan Dusun Pintar Terhadap Potensi Lingkungan Demi Terciptanya Dusun Yang Berkemajuan” untuk membantu dusun Pokoh satu menyusun data administratif dalam sebuah software yang bisa di akses oleh pemangku kekuasaan di dusun.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar. Penyerahan Dusun Pokoh I Kepada Kepala Dukuh Oleh KKN UMY-40

Pemetaan dusun pintar berbasis SIG pada Dusun Pokoh I, Desa Dlingo, Kecamatan Bantul, Yogyakarta menjadi program utama yang bisa membantu siapa saja yang ingin mengakses wilayah Pokoh 1 yang bisa diakses melalui link http://arcg.is/19uqWn. Program ini disambut baik oleh kepala Dukuh Pokoh 1 Bpk. Giriyanto yang senantiasa memberikan masukan dan berlapang hati untuk memberikan data kepada pelaksana kegiatan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar. Proses update data dan pengambilan koordinat

Setelah dilakukan pendataan ulang dan peng-update-an data, masyarakat menjadi lebih mudah dalam mengelola dan mendapatkan informasi untuk kependudukan dusun dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) melalui software ArcGIS yang telah dilaksanakan dalam program kegiatan Pemetaan Dusun Pintar berbasis SIG. Hasil yang telah diperoleh adalah pemangku kekuasaan dapat mengetahui secara rinci letak rumah warga dengan posisi yang tepat besertakan data-data kependudukannya yang telah tersedia dalam bentuk online dan dalam bentuk peta serta dengan leluasa menyimpan, memperbaharui informasi data yang dikehendaki seperti peluang usaha yang dimiliki.

Bagi masyarakat luar, dengan mengakses link tersebut, akan dengan mudah mengetahui posisi perangkat desa dan daerah wisata serta mencari kebutuhan furniture di daerah Dlingo yang terkenal dengan kerajinan kayu berbasis usaha rumahan.

Hal ini merupakan salah satu terobosan penting, mengingat Dusun Pokoh 1 memiliki Wisata Alam yang sering dikunjungi oleh masyarakat luar daerah. Dengan program ini diharapkan masyarakat awam dengan lebih cepat mengenal potensi Dusun Pokoh yang tentu saja bisa meningkatkan ekonomi setempat.