PELATIHAN JARAK JAUH BIDANG KONSTRUKSI DI PRODI TEKNIK SIPIL UMY

Dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) konstruksi nasional, Balai Pelatihan Teknologi Konstruksi, Direktorat Jendral Bina Konstruksi,  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerjasama dengan Program Studi Teknik Sipil UMY telah melaksanakan Sosialisasi dan Pendampingan Pelatihan Jarak Jauh (Distance Learning)Bidang Konstruksi (PJJBK) di Ruang Sidang Utama, Gedung A.R. Fakhruddin B lantai 5 UMY pada tanggal 31 Juli 2017. Peserta yang hadir sebanyak 230 orang dari 244 orang yang mendaftar, terdiri dari para mahasiswa dan alumni Teknik Sipil UMY angkatan 2013 dan 2014. Kegiatan ini merupakan salah satu realisasi dari Kesepakatan Bersama antara Direktorat Kerjasama dan Pemberdayaan, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Kementerian PUPR dan Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan, Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor: 027/PKS/Kh/2016 tentang Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Bidang Jasa Konstruksi di Lembaga Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah.

Acara ini dibuka oleh Bapak Jazaul Ikhsan, ST, MT, Ph.D selaku Dekan Fakultas Teknik UMY, dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Ir. R.M Dudi Suryo Bintoro, MMselaku Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR. Beliau menyampaikan secara umum mengenai PJJBK dan memaparkan pentingnya mengikuti kegiatan ini. Dengan mengikuti pelatihan secara online selama 1 bulan, maka peserta bisa mengikuti ujian secara online dan mendapatkan sertifikat pelatihan secara online pula. Adapun salah satumanfaat yang diperoleh peserta adalah mendapatkan pengakuan dari LPJK-N dimana sertifikat pelatihan PJJBK dapat menjadi prasyarat pemenuhan minimum 50 jam pelatihan bagi yang baru lulus S1 untuk mengikuti uji kompetensi Ahli Muda tanpa harus magang 1 tahun.

Pada sesi berikutnya Ibu Martalia Isneini, ST, ME selaku Kepala Seksi Pengembangan Teknologi menambahkan bahwa PJJBK merupakan program pelatihan yang dapat dipelajari oleh peserta dimanapun dan kapanpun melalui jaringan internet. Hal ini  memudahkan peserta untuk mendapatkan sertifikasi pelatihan dan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja yang nyata.

Penjelasan tentang layanan online SIBIMA Konstruksi (Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri Bidang Konstruksi) disampaikan oleh Yosaphat Bisma Wikantiasa, M.Ikom, dengan membuka website http://pjjak.net/. Peserta mengikuti pemaparan dengan membuka laptop, tabletatau HP androidnyamasing-masing selama penjelasan berlangsung dan dipandu untuk melakukan registrasi, sehingga setelah acara selesai peserta sudah dipastikan terdaftar untuk mengikuti pelatihan. Ada 4 Jabatan Kerja yang dapat dipilih oleh peserta dari UMY ini sesuai dengan yang diinginkan, yaitu Ahli Muda K3 Konstruksi, Ahli Muda Manajemen Konstruksi Bangunan Gedung, Ahli Pengawas Konstruksi Bangunan Gedung dan Kepala Pengawas Pekerjaan Jalan dan Jembatan.

Diharapkan dalam 1 bulan ke depan para peserta sudah bisa mendapatkan sertifikat pelatihan sehingga mampu bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lainnya.

Dosen Teknik Sipil UMY Foto bersama dengan Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan, Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Kepala Seksi Pengembangan Teknologi dan Dekan FT UMY.

Para peserta foto bersama dengan Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan, Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR dan Kepala Seksi Pengembangan Teknologi.

Suasana pelatihan.

Suasana pelatihan.