Penyampaian materi oleh Bayu Krisna S.T  selaku alumni mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Yogyakarta – Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammdiyah Yogyakarta priode 2019/2020 mengadakan Pelatihan Software yang terbuka untuk umum dengan tema “Arcgis Introduction & Network analysis and Terrain Slope”.

Pelatihan Software ini dilaksanankan pada Minggu (20/10) di Ruang Stadium General , Gedung F1 lantai 2 dengan materi mengenai “ Introduction of ArcGIS and Network Analysis” yang di sampaikan oleh Bayu Krisna,S.T dari Alumni Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Angkatan 2014.

Dengan pendaftar sebanyak 30 peserta yang berasal dari Mahasiswa Teknik Sipil Univeristas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Teknologi Yogykarta tanpa dipungut biaya, pelatihan software mampu berjalan sesuai dengan rencana.

 Pemateri mengawali Pelatihan Software dengan materi Introduction of ArcGIS, Introduction Arcgis yang merupakan pengenalan Arcgis secara mendasar, selanjutnya materi mengenai Network Analysis yakni satu tool dalam perangkat lunak ArcGIS yang dapat digunakan untuk menganalisis suatu objek di permukaan bumi berdasarkan rangkaian jaringan yang berada di sekitarnya, salah satunya rangkaian jaringan transportasi.

Bayu juga menjelaskan terkait dengan kontur dan Terrain Slope untuk menentukan lokasi proyek dimana sebagai perencana dan pelaksana kita harus melihat medan perkerjaan, serta mengatahui bagaimana kerapatan elevasi sehingga kita tau permukaan tanah di lokasi tersebut apakah landai, curam, perbukitan, menanjak atau lain-lainnya.