Kuliah Umum Manajemen Konstruksi

Juni 10, 2016 oleh : adminweb

Kuliah Pakar keenam yang di agendakan pada Sabtu, 21 mei 2016 di ruang Stadium General Fakultas Teknik berhasil menarik mahasiswa dari berbagai angkatan.

Tema yang diambil berdasarkan suatu keputusan mengingat banyaknya permintaan dari mahasiswa mengenai dunia kerja teknik sipil nantinya yang berkaitan dengan konstruksi. Oleh Pakar sebagai pemateri pertama adalah Bapak Mohammad Basri Yuwono, S.T  yang bekerja di PT Adhi Karya, dan Bapak Ir. Mandiyo Priyo, M.T sebagai pakar pemateri dua yang berasal dari dosen Teknik Sipil UMY.

Manajemen konstruksi sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu. Seperti bangunan Stonehenge yang di bangun pada zaman perunggu dan neolitikum, piramida di Giza yang dibangun bangsa mesir sekitar 2560 SM, candi Borobudur, candi prambanan dan tentu masih banyak lagi. “Mengelola manajemen dengan unsur 5M yaitu: manusia, mesin, metode, money dan materi,” jelas Basri.

Sedikit berbeda dengan materi yang disampaikan oleh Bapak Basri selaku perwakilan PT. Adhi Karya cabang Jateng dan DIY, Bapak Mandiyo lebih menekankan pada prosesnya. Berawal dari proses memulai sebuah proyek, membuat perencanaan proyek melaksanakan proyek, pengendalian proyek, hingga penutupan kontrak semuanya dibahas secara jelas oleh dosen teknik sipil UMY tersebut.

Acara berakhir pada pukul 12.30 WIB yang ditutup degan penyerahan cenderamata oleh Ibu Ir. Anita Widianti, M.T (Kepala Jurusan Teknik Sipil UMY) kepada pemateri.

1

Pemberian cenderamata kepada Bapak Basri Yuwono

2

Pemberian cenderamata kepada Bapak Mandiyo Priyo