Komitmen internasional Program Studi Teknik Sipil, Universita Muhammadiyah Yogyakarta ditunjukkan dengan melakukan sejumlah realisasi kegiatan dari MoU yang telah ditandatangangi bersama National Central University. Saat ini sejumlah empat mahasiswa memperoleh kesempatan mengikuti kelas laboratorium di Experiment Station Department of Civil Engineering National Central University selama dua pekan mulai 14 Januari 2018. Seluruh biaya selama di Taiwan ditanggung oleh pihak NCU. Kelas ini dimaksudkan sebagai bridging bagi mahasiswa tingkat akhir yang akan melanjutkan program Master. Selain itu juga dimaksudkan sebagai wadah pertukaran pengalaman belajar dan saling belajar budaya. Keempat mahasiswa yang dapat mengikuti program ini harus mengkuti seleksi akademik dan Bahasa Inggris.

Selama mengikuti kelas laboratorium ini, para mahasiswa akan diperkenalkan dengan beberapa pengujian bidang Teknik Sipil terutama material, struktur, dan kegempaan. NCU merupakan satu-satunya universita di Taiwan yang memiliki alat centrifuge yang banyak digunakan dalam pemodelan respon material dan struktur terhadap gempa. Hal ini sejalan dengan arah pengembangan Pendidikan dan riset di Program Studi Teknik Sipil UMY.

Program kelas laborarotorium ini akan terus dilanjutkan pada semester genap 2018/2019, dan direncanakan rutin dilaksanakan setiap semester menurut Ketua Program Studi, Prof. Agus Setyo Muntohar, Ph.D.