Tim  BATIK Teknik Sipil menempatkan diri sebagai juara ke dua dalam Kompetisi Ide Kreatif Mahasiswa UMY (KIK-MU)  yang dirancang untuk meningkatkan iklim  akademik yang kreatif, inovatif, visioner, solutif dan mandiri bagi mahasiswa UMY melalui Kompetisi Proposal Ide Kreatif Mahasiswa di bidang Penelitian, Pengabdian, Kewirausahaan, Karca Cipta dan Penerapan Teknologi serta Penulisan Artikel Ilmiah, Gagasan Futuristik dalam bentuk tertulis (Gagasan Tertulis) maupun Videografi (Gagasan Futuristik Konstruktif). Selain itu, Kompetisi Ide Kreatif Mahasiswa UMY yang telah sukses dilaksanakan untuk kedua kalinya ini merupakan  bentuk dukungan  dan kepedulian Universitas terhadap pemikiran kreatif mahasiswa.

Pada 06 November 2019, perwakilan mahasiswa program studi Teknik Sipil UMY  beranggotakan Rahmad Afriansya (20170110084) dan Ilham Pratama (20190110211) melalui beberapa tahapan yang ketat antaralain adalah  pertama semua peserta harus mengirimkan Proposal, kemudian peserta yang dinyatakan lolos tahap proposal melanjutkan ke tahap Presentasi pada 26 November.

Tim BATIK memamparkan ide tentang alternatif penganti bahan utama batu bata dan membawa isu lingkungan yang berdasarkan SDGs. Dan isu ini mengantarkan Rahmad bersama Ilham diposisi ke dua diantara 30 tim berbagai jurusan di UMY.

Didalam Kompetisi ini mengambil bidang Kewirausahaan. Dengan menjual gagasan ide BATIK (Batu bata Plastik), dengan bidang ini tim juga membawa isu tentang masalah lingkungan yaitu, sampah plastik dan eksploitasi tanah, dengan bekal tersebut tim memenangkan Juara II. Dengan hasil tersebut, menjadikan persiapan untuk PKM 2020 pada 20 Desember 2019 mendatang.