Mahasiswa Teknik Sipil UMY kembali diberi kepercayaan untuk mengikuti Summer Short-Term Program for Laboratory yang berlangsung pada 1-14 Juli 2019 di National Central University, Taiwan. Program lanjutan yang pernah dilaksakan tahun sebelumnya ini membuka minda mahasiswa untuk memperdalam keterampilan dalam wawasan di lingkungan kampus khususnya laboratorium.

Kegiatan ini bertemakan “Laboratory Field Trip”. Tak hanya kegiatan laboratorium saja, mahasiswa juga dapat saling bertukar dan belajar budaya dengan peserta lain, dan field trip ke proyek-proyek teknik sipil dan tempat-tempat wisata di Taiwan. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari berbagai negara, antara lain Indonesia, Vietnam, Thailand dan Taiwan.

Pada kegiatan Laboratory Field Trip, para mahasiswa mengunjungi beberapa laboratorium yang ada di Departement of Civil Engineering diantaranya laboratorium struktur, geoteknik dan material. Selain itu, mahasiswa juga berkesempatan untuk melakukan pengujian di Laboratorium Geoteknik, salah satunya Liquifaction model dan dikenalkan pula alat centrifuge yang dimiliki oleh National Central University (NCU).

Melalui program ini, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengujian laboratorium Teknik Sipil. Pada kegiatan ini dua mahasiswa yang ikut dalam program ini adalah Bernahda Primadalia (20170110067) dan Rahmad Afriansya (20180110084). Seluruh kegiatan Summer Short-Term Program for Laboratory selama di Taiwan dibiayai dari dana hibah NCU, dan merupakan wujud nyata kerjasama antara NCU dan UMY yang telah terjalin dengan baik.

Gambar 1. Kegiatan di Laboratorium Geoteknik untuk Pengujian Model Liquifaksi menggunakan Centrifuge
Gambar 2. Kegiatan Kuliah Umum di Kelas
Gambar 3. Pemberian Kenang-kenangan dari Dua Mahasiswa wakil dari Program Studi Teknik Sipil FT. UMY pada Supervisor NCU.