Lomba Design Jembatan Stick 2012

Februari 5, 2013 oleh : adminweb

Jembatan merupakan satu struktur yang dibangun untuk menyeberangi lembah atau rintangan seperti sungai, rel kereta api ataupun jalan raya. Indonesia merupakan negara kepulauan yang dibatasi perairan maka teknologi di bidang jembatan juga harus diperhatikan untuk peningkatan perkembangan ekonomi Indonesia.

Dengan gagasan seperti ini, maka Himpunan Mahasiswa Sipil bekerja sama dengan  Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang merupakan program studi di bawah Jurusan Teknik Sipil mengadakan Lomba desain Miniatur Jembatan tahun 2012.

Lomba Perencanaan dan Pembuatan Miniatur Jembatan 2012 adalah suatu kompetisi mengenai hasil penulisan pemikiran kritis dan kreatif siswa berupa idea atau gagasan dalam mengidentifikasi dan menemukan solusi atas permasalahan sehari-hari. Penulisan tersebut tertuang dalam karya tulis dengan ketentuan yang telah diberlakukan dan disertai dengan pembuatan maket.

Lomba design Jembatan Stick  2012. Tanggal: 5 dan 6 Mei  2012. Tempat : lapangan bintang lantai dasar dan  Gedung AR. Fakhrudin B lantai dasar. Waktu : 07.00 WIB – 17.00 WIB dan 08.00 WIB – 17.15WIB.

Lomba jembatan stick  diadakan oleh Jurusan Teknik sipil UMY bersama Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) yang di ikuti oleh 7 sekolah terbagi 14 tim ,yaitu SMK Negeri 2 Wonosobo 2 tim, SMK Negeri 3 Yogyakarta 4 tim, SMA Muhammadiyah 1 Bantul 1 tim, SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta 3 tim,SMA Negeri 2 Yogyakarta  1 tim, MAN 1 Wates 2 tim,SMA 1 Bambang Lipuro Bantul 1 tim  . Selama kompetisi dalam pembuatan mereka sangat berantusias dan kreatif dalam lomba tersebut .

Secara garis besar, perlombaan  berjalan dengan lancer dalam kegiatan tersebut . hal ini dibuktikan dengan kreatifitas dan inovasi yang mereka lakukan dalam merencanaka, mengaplikasikan hasil karya mereka dalam bentuk miniatur jembatan dan kemudian di uji .

Lomba jembatan stick  yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu telah berlangsung dengan baik walaupun semua itu tidak lepas dari adanya kekurangan yang terjadi, namun hal itu tidak terlalu mempengaruhi  lomba yang kita laksanakan .

Hasil akhir dari lomba jembatan stik ini, ada 4 tim yang keluar sebagai pemenang   yaitu:

  1. Juara I diperoleh tim  SMK Negeri 3 Yogyakarta
  2. Juara II diperoleh tim SMA 1 Bambang Lipuro Bantul
  3. Juara III diperoleh tim  SMK Negeri 3 Yogyakarta
  4. Juara Favorit  diperoleh tim SMK Negeri 2 Wonosobo

Diharapkan pada pengadaan lomba jembatan stik  yang akan datang persiapan panitia pelaksana dan kualitas perlombaab dapat ditingkatkan, sehingga tujuan utama dari kegiatan ini dapat tercapai serta terciptanya Lomba Jembatan  yang kompetitif dan sportif.

Rst.