Notice: wpdb::prepare dipanggil secara tidak benar. The query does not contain the correct number of placeholders (2) for the number of arguments passed (3). Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 4.8.3.) in /home/adminweb/tekniksipil/wp-includes/functions.php on line 4139

Notice: wpdb::prepare dipanggil secara tidak benar. The query does not contain the correct number of placeholders (2) for the number of arguments passed (3). Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 4.8.3.) in /home/adminweb/tekniksipil/wp-includes/functions.php on line 4139
Kunjungan Prodi Teknik Sipil UMY Ke River Engineering And Urban Drainage Research Centre, USM Malaysia | Teknik Sipil

Delapan dosen Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berkunjung ke School of Civil Engineering Universitas Sains Malaysia, Selasa (14/03) di Malaysia. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Jazaul Ikhsan S.T., M.T., Ph.D. disambut langsung oleh Assc. Prof. Dr. Choong Kok Keong selaku Wakil Dekan (Penelitian, Pascasarjana dan Jaringan).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk menjalin kolaborasi kerjasama internasional dari masing-masing program studi, presentasi dosen dan kunjungan Laboratorium. Dalam pertemuan yang dipimpin oleh Wakil Dekan Assc. Prof. Dr. Choong Kok Keong, menjelaskan tentang kekuatan laboratorium yang menjadi laboratorium terbaik se Asia Tenggara, karena Laboratorium Water Resourse yang dimiliki USM menjadi Research Center di seluruh Malaysia. Kemudian presentasi dilanjutkan oleh Puji Harsanto, ST, MT, Ph.D selaku sekretaris prodi sipil mengenai Teknik Sumber Daya Air dan Lingkungan (Water resources and Enviromental Engineering) yang dimiliki Program Studi Sipil UMY.

Acara selanjutnya yaitu kunjungan Laboratorium, dimana Prof. Nor Azazi Zakaria sebagai Director of River Engineering And Urban Drainage Research Centre (REDAC). Pusat penelitian ini merupakan pusta penelitian pertama di kampus Teknik USM yang diberikan status lebih tinggi sebagai Lembaga Centre of Excellence atau HICoE untuk layanan pada 9 Oktober 2014. REDAC telah aktif dalam penelitian dan konsultasi proyek sejak tahun 1997. Sebuah sistem manajemen stormwater perkotaan hijau yang berkelanjutan dikenal sebagai Bio-Ecological Drainage Systems (BIOECODS) dirancang oleh REDAC dan kemudian dibangun di Kampus USM Engineering, tahun 2002. BIOECODS mencoba untuk memecahkan tiga masalah utama yang biasa ditemui di Malaysia yaitu banjir bandang, sungai polusi dan kelangkaan air. Dengan menerapkan BIOECODS, itu akan membantu melestarikan karakteristik alami dari ekosistem sungai yang ada.

Kunjungan kerjasama yang dilakukan di Universitas Sains Malaysia ini, membahas tentang kemungkinan dilakukannya Student Exchange dan Kerjasama Penelitian. Presentasi riset dosen dan kunjungan laboraturium berlangsung dengan sangat konstruktif dan hangat. Selanjutnya kunjungan ini akan ditindaklanjuti dalam bentuk MoU yang akan segera disusun Tim. USM juga  menawarkan program pascasarjana meliputi beberapa bidang ilmu yang berkaitan dengan Science or River Management pada jenjang  Master of Science atau  Doctor of Philosophy. Program ini terbuka untuk semua mahasiswa USM arau universitas lain baik local atau internasional, yang memenuhi syarat untuk melanjutkan studi pascasarjana mereka melalui jalur penelitian.

Sumber : Fakultas Teknik UMY