Yogyakarta – PT PP berbagi cerita perjalanan dibalik proyek pembangunan Bendungan Pidekso dalam acara Kuliah Pakar II yang dikoordinasi oleh Program Studi Teknik Sipil UMY dan bekerja sama dengan Himpunan Mahasiwa Sipil periode 2019/2020.

Kuliah Pakar ini dilaksanakan pada Sabtu (26/10) di Ruang Sidang Gedung AR Fakhruddin B lantai 5 dengan tema Pentingnya Teknologi dalam Perencanaan Bangunan Air untuk Mengelola SDA di Era Globalisasi”.

Kuliah Pakar ini dihadiri oleh 173 mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan berbagai mahasiswa universitas lain beserta delegasinya. Acara dibuka oleh Bapak Nursetiawan, ST, MT, PhD selaku moderator, dan Bapak Lilik Maliki Anta, S.T. selaku narasumber. Narasumber membuka acara kuliah pakar dengan menjelaskan pengertian bendungan beserta fungsinya, banyak dari fungsi bendungan tersebut untuk menunjang kebutuhan kita, contohnya fungsi bendungan sebagai irigasi, sumber air baku, pengendali banjir, konservasi dan pariwisata, perikanan, dan pembangkit listrik.

Bapak Lilik Maliki Anta, S.T. mengatakan bahwa persebaran bendungan di Indonesia masih sangat rendah. Membangun bendungan juga bukanlah hal yang mudah, sama halnya dengan pembangunan proyek Bendungan Pidekso Wonogiri ini, kendala mulai dialami sejak  tahap perencanaan hingga studi kasus. Misalnya, pada tahun 2014 hingga 2018 proyek ini dihadapkan dengan permasalahan pembebasan lahan.

Dalam pelaksanaan pembangunan proyek ini juga terbagi menjadi 3 masa yaitu masa perencanaan, masa konstruksi, dan masa operasi. Masa perencanaan terbagi menjadi beberapa tahap yaitu tahap pemetaan geologi dan survey topografi, tahap analisis hidrologi, serta desain bendungan. Sedangkan pada masa konstruksi dihadapkan pada masa pembukaan lahan, pengelakan sungai dengan membangun terowongan untuk memindah aliran, dan pelaksanaan konstruksi air. Serta masa operasi terdiri dari impounding atau penggenangan waduk dan monitoring.

PT PP dalam mengerjakan tahap pelaksanaan bendungan menggunakan berbagai teknologi yang dapat mempermudah pembangunan. Teknologi yang digunakan untuk design & review adalah Sketch Up, geostipe, SAP 2000. Sedangkan untuk teknologi report menggunakan tekla structure dan civil 3D. untuk teknologi schedule PT PP menggunakan Ms. Project dan untuk visualize menggunakan Sketch Up dan Unity.