Kuliah Pakar Bidang Transportasi

November 28, 2016 oleh : adminweb

Kuliah Pakar berhasil dilaksanakan oleh Program Studi Teknik Sipil pada Sabtu, 19 November 2016, bertempat di Gedung AR Fachrudin B Lantai 5 dengan peserta kurang lebih 250 orang mahasiswa dan juga dihadiri oleh beberapa Dosen Teknik Sipil.  Bidang Transportasi sebagai materi kuliah pakar kedua ini mengangkat tema Aplikasi Metode Chemical Grouting Di Proyek MRT (Mass Rapid Transit) Jakarta.

Pemateri pada kuliah pakar kedua ini adalah Faruq Chandra, S.T. Beliau adalah seorang Construction Manager di PT.Nittoc Construction Indonesia. Sekaligus adalah Ketua Alumni Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Bapak Faruq Chandra menjelaskan tentang Metode Chemical Grouting pada proyek MRT (Mass Rapid Transit) Jakarta. Beliau menjelaskan tentang apa itu Metode Chemical Grouting, metode tersebut berfungsi untuk memadatkan tanah dengan menginjeksi bahan-bahan kimia pada rongga tanah.

Menurut Bapak Faruq Chandra grouting adalah aplikasi baru yang digunakan untuk meningkatkan permeabilitas tanah sehingga tidak longsor. Ketika mesin TBM masuk & keluar itu akan meningkatkan permeabilitas tanah pada bagian penahan tanah. Intinya adalah teknologi untuk mencegah tanah yang runtuh. Proyek MRT ini sendiri merupakan proyek pertama di Indonesia dan Metode Chemical Grouting adalah metode yang baru pertama kali di gunakan di Indonesia.

Diharapkan dengan dengan kuliah pakar kedua ini pada bidang transportasi yang bertemakan Aplikasi Metode Chemical Grouting di Proyek MRT Jakarta, dapat memberikan ilmu pengetahuan tambahan karena aplikasi metode ini sendiri merupakan hal yang baru di bidang transportasi. Semoga dapat membuat ilmu nya nanti akan berguna pada Kuliah Lapangan maupun Kerja Praktek di bidang transportasi.

1

Penyampaian Materi Oleh Bapak Faruq Chandra S.T.

 

2

Suasana Kuliah Pakar Bidang Transportasi

 

3

Pemberian kenang-kenang dan foto bersama