Kuliah Pakar di Program Studi Teknik Sipil telah terlaksanakan dengan lancar pada hari Sabtu, 3 Desember 2016, bertempat di Ruang Sidang Utama, Gedung AR Fachrudin B Lantai 5.  Kuliah pakar yang ketiga di Tahun Akademik 2016/2017 ini dihadiri oleh sekitar 250 orang mahasiswa, serta beberapa dosen dan alumni Teknik Sipil.

Kali ini Program Studi Teknik Sipil mengundang seorang ahli di bidang Geoteknik,  dengan mengambil tema: Kontribusi Material Geosintetik dalam Penanggulangan Permasalahan di Dunia Teknik Sipil. Sebagai pemateri  adalah Bapak Pria Ardhana, S.T. yang menjabat sebagai seorang staff engineer di PT Tetrasa Geosinindo, Jakarta yang saat ini sedang studi lanjut S2 bidang  Geoteknik di Universitas Indonesia.

Bapak Pria Ardhana memaparkan bahwa geosintetik adalah material sintetis atau non alami dari hasil polimerisasi minyak bumi yang telah diaplikasikan secara luas dalam berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan tanah, baik di bidang teknik sipil maupun bidang-bidang yang lain. Selain itu beliau juga memaparkan berbagai tipe geosintetik, fungsi geosintetik, dan aplikasi tipe-tipe tersebut dalam pemecahan masalah yang timbul di bidang Teknik Sipil.

Di dalam kurikulum Program Studi Teknik Sipil UMY, materi tentang geosintetik telah dipelajari dalam mata kuliah pilihan Perkuatan Tanah.  Dengan adanya kuliah pakar bidang geoteknik ini diharapkan semua mahasiswa Teknik Sipil UMY memperoleh tambahan wawasan dan ilmu pengetahuan baru.  Alhamdulillah banyak mahasiswa yang tertarik untuk mengetahui lebih detail tentang geosintetik. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang antusias untuk bertanya. Semoga ilmu yang telah disampaikan dapat berguna bagi peserta, dan teknologi ini akan terus bisa berkembang dan semakin aplikatif di dunia Teknik Sipil. Aamiin.

1

Penyampaian Materi Oleh Bapak Pria Ardhana, S.T.

 

2

Suasana Kuliah Pakar Bidang Geoteknik

 

3

Foto Bersama dengan dosen Teknik Sipil dan pengurus Himpunan Mahasiswa Sipil