KULIAH KUNJUNGAN LAPANGAN REGIONAL SEASON 1 2017/2018

Desember 29, 2017 oleh : adminweb

KULIAH KUNJUNGAN LAPANGAN  REGIONAL

SEASON 1 2017/2018

Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Kuliah Kunjungan Lapangan atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan KKL yang merupakan wadah bagi mahasiswa dalam mengembangkan ilmu dan mengenal keadaan di suatu Lapangan Proyek dalam ilmu Teknik Sipil.

Pelaksanaan KKL regional kali ini diikuti oleh 60 mahasiswa dan di dampingi oleh tiga dosen pendamping antaranya Nursetiawan, ST.,MT.,Ph.D, Emil Adly ST.,M.Eng dan Yoga Aprianto Harsoyo ST.,M.Eng yang bertepatan pada 13 November 2017 yang dikhususkan bagi angkatan  2016 mengunjungi beberapa lokasi yakni PT Surya Karya Setiabudi, Proyek Bandara Internasional Kulon Progo, dan Pemecah Gelombang di Pantai Gelagah.  KKL Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan rangkaian kegiatan tahunan dari serangkaian program kerja yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) yang setiap tahun mengunjungi lokasi industri dan proyek konstruksi yang masih berada di sekitar Yogyakarta.

  1. Kunjungan pertama di Batching Plant Surya Karya Setiabudi, Gamping, Sleman.

Batching plant adalah tempat mencampur atau memproduksi bahan baku beton ready mix atau beton segar siap pakai dalam skala besar.

PT Surya Karya Setiabudi adalah penyedia jasa beton ready mix dan Aspal yang berada di Gamping. Batching Plant yang terorganisasi dengan baik terletak pada sebidang tanah yang dilingkungannya terdapat kantor dan laboratorium beserta dengan alat-alat berat yang mendukung proses produksi yang mendukung proses produksi beton dengan kualitas terbaik sesuai dengan standar dan permintaan.

Kunjungan di PT. Surya Karya Setiabudi  diterima langsung oleh Pak Adi Susilo,ST dan Aan Supariyanto S.T sebagai marketing dan engineer. Beliau berpendapat bahwa pasir maupun split dari merapi sangat cocok untuk pembuatan beton karena mengandung material abu vulkanik yang dapat menstabilkan kerapatan adukan beton.