KKL NASIONAL 2018 Surabaya – Bali FTTS UMY

Maret 23, 2018 oleh : adminweb

KKL NASIONAL 2018

Surabaya – Bali

 

KKL (Kuliah Kerja Lapangan) merupakan wadah bagi mahasiswa dalam mengembangkan ilmu dan mengenal keadaan di suatu Lapangan Proyek dalam ilmu Teknik Sipil. Pada tanggal 06-10 Maret 2018 diselenggarakan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) Nasional yang merupakan rangkaian kegiatan tahunan dari serangkaian program kerja yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang berkunjung ke 4 lokasi yakni Proyek Tol KLBM , Proyek Bukit Pandawa Resort serta kunjungan ke Universitas yakni Universitas Udayana dan Universitas Kristen Petra yang diikuti sekitar 45 mahasiswa dan dua orang dosen pendamping Emil Adly ST.,M.Eng dan Hakas Prayuda ST.,M.Eng.

Kunjungan yang pertama pada kegiatan ini adalah Teknik Sipil Universitas Kristen Petra di Surabaya. Rombongan disambut langsung oleh Himpunan Mahasiswa dan Ketua Prodi Program Studi Teknik Sipil Bapak DR. Daniel Tjandra ST.,M.Eng. selain itu dari paparan yang disajikan oleh Himpunan Mahasiswa kedua himpunan bisa saling bertukar informasi baik dari sisi akademik maupun non akademik. Banyak informasi yang saling diterima mengenai mata kuliah, fasilitas kampus seperti laboratorium juga sarana belajar untuk mahasiswa, serta lomba Nasioanal yang selalu diadakan.

Foto Bersama peserta dan Himpunan Mahasiswa Kristen Petra

 

Kunjungan kedua yaitu Proyek jalan Tol   (Krian-Legundi-Bunder-Mayar)  KLBM di Jl.raya kedamen Sragen, Gresik, Jawa Timur. Proyek ini dikerjakan oleh PT Waskita Karya yang telah berlangsung pada bulan Juni tahun 2017 dan ditargetkan selasai pada tahun 2019. Proyek jalan tol sepanjang 38,29 km ini dibagi menjadi 4 section¸yakni section 1 Krian-Kedamen (9,5 km), Section 2 Kedamen-Boboh (9,1 km), Section 3 Boboh-Bunder (10,57 km) dan section 4 Bunder-Manyar (9,12 km). Pada saat kunjungan Mahasiswa di sambut oleh Bapak Hamzah bidang SDM di kantor dan selanjutnya rombongan diarahkan untuk meninjau lokasi pada area section 3 yakni di daerah boboh yang mana sedang dalam tahap pemancangan tiang pancang.

Foto kunjunga ke proyek KLBM di daerah Boboh.

Foto suasana pemberian materi dari PT Waskita Karya.

Foto bersama di Proyek Tol KLBM

Kunjungan ketiga yaitu Universitas Udayana. Kedatangan rombongan di sambut hangat oleh Himpunan Mahasiswa dan ibu ………. sebagai dosen Teknik Sipil. Tidak berbeda jauh dengan kunjungan universitas pertama, disini mahasiswa saling bertukar informasi baik akademik maupun non akademik. Rombongan juga diajak berkeliling ke Laboratorium dan dikenalkan dengan berbagai fasilitas untuk mahasiswa disana.

 

Foto Bersama Himpunan Mahasiswa Sipil Udayana

Kunjungan terakhir yaitu Proyek Bukit Pandawa Resort yang berada di Desa Kutuh Bali. Proyek Bukit Pandawa Resort adalah proyek milik Bali Raga Wisata yang dikerjakan oleh PT. Tata Mulia  Dengan slogan “Desa Membangun”. Pada kunjungan kali ini rombongan di sambut langsung oleh kepala adat (Perbekel) , kepala desa (Bendesa) dan jajaran struktur organisasi Desa Kutuh. Di proyek ini mahasiswa mendapatkan banyak pelajaran mengenai metode konstruksi yang disuguhkan serta material-material khusus yang digunakan dalam pembangunan yang berdekatan dengan laut.   Menurut Ketua Desa Kutuh pengembangan desa ini bertujuan untuk mengembangkan wisata yang terdapat di Pandawa Resort, sehingga bisa lebih mengenalkan budaya-budaya yang terdapat di desa kutuh. Di Proyek akan dibangun 4 hotel dan 1 lapangan golf dengan luasan wilayah lebih dari 18 hektar.  Pemandangan yang langsung disuguhkan dengan pemandangan laut akan menambah minat para wisatawan-wisatawan lokal maupun non lokal untuk berkunjung ke desa kutuh. Adapun hotel yang sedang dibangun adalah Hotel Mandarin Oriental yang kini sedang tahap finishing, Hotel Waldrof Astoria sedang tahap finishing dan Swiss Hotel sedang dalam pengerjaaan struktur.

 

Foto bersama Kepala Desa, Ketua Adat, Pimpinan Proyek

Foto Bersama di Proyek Bukit Pandawa Resort

Selain kunjungan ke proyek dan universitas, mahasiswa peserta KKL regional juga mengunjungi ke beberapa tempat wisata seperti Tanjung Benoa, Dream Land, Pantai Pandawa, Garuda Wisnu Kencana.