29 September 2019 oleh admin

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyampaian materi oleh Fakhtur Rusdianto, S.T. selaku Technical Manager PT. VSL JAYA INDONESIA

 

Yogyakarta – PT VSL Jaya Indonesia berkunjung untuk kedua kalinya guna berbagi wawasan kepada mahasiswa Tenik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam acara Kuliah Pakar I yang dikoordinasi oleh Program Studi Teknik Sipil UMY dimana bekerja sama dengan Himpunan Mahasiwa Sipil periode 2019/2020.

Kuliah Pakar ini dilaksanakan pada Sabtu (28/09) di Ruang Sidang Gedung AR Fakhruddin B lantai 5 dengan tema “Teknologi Inovatif dan Efisien untuk Menunjang Pembangunan Infrastruktur yang Berkelanjutan” dengan materi Method of Bridge Construction yang berisikan tentang Classification of Bridge Deck, Method of Bridge Construction, Construction of The Bridge Deck, Overview Launching Gantry Span by Span System yang disampaikan oleh Fatkhur Rusdianto, S.T. dari Technical Manager PT. VSL JAYA INDONESIA dimana dimoderatori oleh Ahmad Zaki, S.T., M.Sc., Ph.D. selaku Dosen Teknik Sipil UMY.

Kuliah Pakar ini dihadiri oleh 190 mahasiswa Teknik Sipil dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta itu sendiri dan beberapa mahasiswa dari universitas lain, serta delegasi yang sangat antusias dengan materi yang disampaikan. Narasumber membuka kuliah dengan menjelaskan setiap komponen Gantry dan persyaratan umum dalam Launching Gantry mulai dari design basis, akses untuk operasional yang dibedakan menjadi regular dan emergency, stabilitas Launching Gantry saat operasional, Kinematic Launching Gantry, Assembly Launching Gantry, Load Test Launching Gantry, Segmen Erection, Segment Erection pada Span Khusus, Launching & Erection segment melintasi persimpangan jalan yang berisi prosedur kerjanya agar terhindar dari resiko yang mungkin terjadi dan ditutup dengan pemaparan contoh kecelakaan kerja yang disebabkan oleh alat berat.

“Saya mewakilkan panitia penyelenggara mengharapkan dari berakhirnya pelaksanaan acara ini, peserta dapat mengetahui serta mempelajari ilmu tentang metode konstruksi jembatan dalam penggunaan gantry mulai dari perencanaan, pemilihan gantry sesuai dengan kebutuhan proyek, pemasangan, pelaksanaan, hingga proyek selesai sesuai dengan perencanaan.” kata Bagas selaku Ketua Pelaksana Kuliah Pakar 1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sesi tanya jawab dari mahasiswa kepada Bapak Fatkhur Rusdianto, S.T

Pemberian plakat dari Jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kepada Bapak Fatkhur Rusdianto, S.T