Laboratorium

Laboratorium

Laboratorium merupakan unsur vital dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Laboratorium berperan dalam proses pembelajaran bagi mahasiswa (kegiatan praktikum), kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa, serta pelayanan kepada masyarakat. Di Program Studi Teknik Sipil UMY, terdapat 5 (lima) laboratorium, yaitu:

  1. Laboratorium Struktur dan Bahan Konstruksi

Kegiatan laboratorium ini terutama untuk melayani praktikum mahasiswa dalam mata kuliah Bahan Bangunan, yang merupakan dasar berpijaknya mata kuliah struktur baja, beton, kayu, dan komposit. Disamping itu untuk melakukan berbagai penelitian, termasuk mengkaji alternatif pemakaian bahan lokal baru. Alat standar untuk pengujian tarik, tekan, lentur dan geser berbagai bahan tersedia di laboratorium ini.

  1. Laboratorium Transportasi dan Jalan Raya

Laboratorium ini sangat menunjang mata kuliah yang berhubungan dengan perkerasan jalan. Di laboratorium tersebut disediakan fasilitas pengujian bahan perkerasan jalan, di antaranya pengujian fisik agregat dan aspal (berat jenis, distribusi butiran, bentuk agregat, kelekatan aspal, dan sebagainya) serta pengujian mekanis (uji marshall, abrasi, dan sebagainya).  Selain itu laboratorium ini juga menyediakan fasilitas studi mengenai simulasi pergerakan lalu lintas, optimasi simpang dan pemodelan sederhana bangkitan dan distribusi perjalanan.

  1. Laboratorium Keairan dan Lingkungan

Laboratorium ini terdiri dari 2 laboratorium, yaitu:

1)   Laboratorium Mekanika Fluida yang menyediakan berbagai fasilitas pengujian mekanika fluida dan hidraulika untuk kegiatan pengajaran.

2)   Laboratorium Lingkungan yang menyediakan fasilitas untuk memperdalam kajian mengenai pengendalian kualitas air, penentuan konsentrasi bahan pencemar dan pendekatan simulasi serta rekayasa untuk berbagai permasalahan lingkungan. Dalam laboratorium ini juga menyiapkan keperluan studi dasar mengenai siklus air dan simulasi hidrologi sederhana. Laboratorium ini mempunyai program Waternet, HEC-RAS, HEC-HMS dan iRIC.

  1. Laboratorium Geoteknik

Laboratorium Geoteknik menyediakan berbagai pengujian fisik tanah (Atterberg limits, distribusi butiran, berat jenis, dll.). Selain itu terdapat beberapa peralatan untuk uji mekanis tanah (pemadatan, konsolidasi, tekan bebas, geser langsung dan triaksial) dan peralatan uji lapangan (sandcone, sondir dan bor tangan). Laboratorium ini mempunyai beberapa macam program, diantaranya adalah Software Geostudio, Stedwin, dan Plaxis.

  1. Laboratorium Komputasi

Laboratorium Komputasi mendukung pengajaran materi teknik sipil perancangan dan analisis yang berbasis komputer atau pemrograman, diantaranya Structural Analysis Program (SAP) untuk Mata Kuliah Analisis Struktur, Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI 1997) untuk Mata Kuliah Manajemen Lalu Lintas, Primavera untuk Mata Kuliah Manajemen Konstruksi, dan lain-lain. Selain itu aplikasi Microsoft juga diberikan di sini. Laboratorium ini mempunyai macam-macam program di antaranya adalah Software Tutorial Arhicad, Software Tutorial Autocad, Software Tutorial Etabs, Software Tutorial Microsoft Project, Software Tutorial Primavera, dan Software Tutorial Sunpro.

 

DOWNLOAD SOP LABORATIORUM TEKNIK SIPIL  : Disini!