Berdirinya UMY

Mei 13, 2012 oleh : adminweb

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merupakan Universitas swasta yang merupakan salah satu dari amal usaha gerakan Muhammadiyah. Muhammadiyah sebagai sebuah gerakan sosial keagamaan dalam aktivitas pendidikannya dalam pengembangan sumber daya manusia, mengedepankan pendekatan teknologis dan moderen yang bertumpu pada kecermatan realitas sosial dan mengerucutkan tujuan terhadap tantangan saat ini dan masa depan. Perhatian tersebut yang kemudian melatarbelakangi berdirinya UMY.

Gagasan pendirian UMY telah ada sejak tahun 1960-an yang oleh Allahuyarham Prof.Dr.Kahar Muzakir dikemukakan secara terbuka perlunya pendirian Universitas Muhammadiyah di Yogyakarta. Pada saat itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah meresmikan berdirinya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Yogyakarta, yang secara eksplisit dalam piagam pendiriannya mencantumkan bahwa FKIP sebagai bagian dari Universitas Muhammadiyah.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

 

Realisasi pendirian Universitas Muhammadiyah di Yogyakarta yang diberi nama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) , secara resmi didirikan pada tanggal 1 Maret 1981. Rektor UMY pertama dipercayakan kepada Allahuyarham Brigjen TNI (purn.) Bakri Syahid, yang beserta para tokoh pendiri bekerja keras untuk meneguhkan landasan yang kuat bagi universitas. Rektor berikutnya diamanahkan kepada Allahuyarham H.Muh.Mawardi dan Rektor ketiga dilanjutkan oleh Ir.H.M. Dasron Hamid. Estafet kepemimpinan Rektor UMY selanjutnya dipercayakan kepada Prof.Dr.H.Ahmad Mursyidi, M.Sc., Apt., yang pada masa kepemimpinan beliau, UMY telah menempati Kampus Terpadu di Jalan Lingkar Selatan.

Kepemimpinan UMY berikutnya diamanahkan kepada Dr.H. Khoiruddin Basori, dan sekarang kembali diamanahkan kepada Ir.H.M.Dasron Hamid.UMY saat ini memiliki 7 Fakultas (Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Agama Islam, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik) dengan 17 Program Studi termasuk didalamnya dua program studi Pasca Sarjana. UMY merupakan lembaga pendidikan tinggi yang ikut mengemban amanah gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar yang menjadi landasan rumusan Visi UMY yang “ Menjadi universitas yang berorientasi ke masa depan dengan bertumpu kepada upaya penguatan iman dan taqwa kepada Allah S.W.T, serta penguasaaan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga dapat menjadi pusat keunggulan yang merupakan kebanggaan Warga Muhammadiyah, Umat Islam, dan Bangsa Indonesia”.