Kurikulum

A. Profil Lulusan

Setelah menyelesaikan semua proses pembelajaran di Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, lulusan dapat mempunyai keahlian teknik sipil terutama sebagai:

  1. Konsultan,
  2. Akademisi: Dosen dan Peneliti, dan
  3. Kontraktor Jasa Konstruksi.

B. Kompetensi Lulusan

Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta  berupaya untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai berikut:.

  1. Mampu mengetahui dasar-dasar ilmu dan menerapkannya dalam bidang Teknik Sipil,
  2. Mampu mengidentifikasi dan merumuskan masalah dengan dasar-dasar ilmu dan kaidah-kaidah Teknik Sipil,
  3. Mampu mengkaji, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan Teknik Sipil,
  4. Mampu merencanakan dan merancang bangunan Teknik Sipil secara individu dan dalam suatu tim serta mengkomunikasi-kannya secara efektif,
  5. Memiliki motivasi mengelola dan mampu bekerjasama dalam suatu tim untuk melaksanakan pekerjaan dan pemeliharaan bangunan Teknik Sipil.

Kompetensi pendukung dari lulusan Program Studi Teknik Sip UMY adalah sebagai berikut:

  1. Mampu menggunakan berbagai perangkat lunak bidang Teknik Sipil,
  2. Mampu menyusun laporan atau karya ilmiah dalam bidang Teknik Sipil dan mengkomunikasikannya dengan pihak lain secara efektif,
  3. Mampu mengembangkan diri untuk pembelajaran seumur hidup (life-long learning), berkepribadian Islami sebagai bangsa Indonesia.

C. Rancangan Mata Kuliah

Mengacu pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan tinggi dan Penilaian Hasil Belajar mahasiswa, mata kuliah untuk mencapai kompetensi lulusan dikelompokkan ke dalam lima kelompok yaitu :

  1. Mata kuliah Penunjang Kepribadian (MPK), yang terdiri atas mata kuliah yang relevan dengan tujuan pengayaan wawasan, pendalaman intensitas pemahaman dan penghayatan.
  2. Mata kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB), yang terdiri atas mata kuliah yang relevan dengan upaya pemahaman serta penguasaan ketentuan yang berlaku dalam berkehidupan di masyarakat, baik secara nasional maupun global, yang membatasi tindak kekaryaan seseorang sesuai dengan kompetensi keahliannya.
  3. Mata kuliah Perilaku Berkarya (MPB), yang terdiri atas mata kuliah yang relevan, bertujuan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan perilaku berkarya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di masyarakat.
  4. Mata kuliah Keahlian dan Keterampilan (MKK), yang terdiri atas mata kuliah yang relevan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan kompetensi keilmuan atas dasar keunggulan kompetitif serta komparatif penyelenggaraan program studi Teknik Sipil.
  5. Mata kuliah Keahlian Berkarya (MKB), yang terdiri atas mata kuliah yang relevan, bertujuan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan kompetensi keahlian dalam berkarya di masyarakat sesuai dengan keunggulan kompetitif serta komparatif penyelenggaraan program studi Teknik Sipil.

Pendidikan Program Studi Teknik Sipil UMY mencakup 5 bidang keahlian yaitu:

  1. Teknik Struktur (Structural Engineering),
  2. Geoteknik (Geotechnical Engineering),
  3. Teknik Transportasi dan Jalan (Transportation and Highway Engineering),
  4. Teknik Sumber Daya Air dan Lingkungan (Water Resources and Environmental Engineering),
  5. Manajemen Konstruksi (Construction Management).

Memperhatikan kelompok mata kuliah dan bidang ilmu, Tabel 4.1 menyajikan rancangan bahan kajian dalam mata kuliah. Potensi topik merupakan pokok-pokok bahasan yang dapat menunjang pencapaian kompetensi di setiap kelompok mata kuliah dan bidang ilmu.

Tabel 1 Pokok-pokok kajian dan bahan kajian dalam Teknik Sipil (Tabel.1)

D. Struktur dan Keterkaitan Mata kuliah

Beban studi yang harus diselesaikan oleh mahasiswa adalah sebanyak 145 sks (satuan kredit semester), termasuk di dalamnya beberapa praktikum. Beban studi tersebut terdiri atas 135 sks dari mata kuliah bersifat wajib dan 10 sks dari mata kuliah bersifat pilihan yang dapat diselesaikan dalam waktu 8 semester. Praktikum dirancang sebagai bagian dari mata kuliah, berupa desain dan pelaksanaan di laboratorium.

Struktur mata kuliah dalam 8 semester disajikan pada Tabel 2. dan Tabel 3.

Tabel 2  Struktur Mata kuliah (Tabel.2)

Keterangan:  W = mata kuliah wajib, P = mata kuliah pilihan

 Tabel 3 Daftar Mata Kuliah Pilihan (Tabel.3)